Hasil ISC 2016: 3 Angka Milik Persipura, PSM, Persib

Persipura Jayapura, Barito Putera, dan Persib Bandung mencatat kemenangan dalam lanjutan Indonesia/Torabika Soccer Championship (ISC/TSC) yang berlangsung pada Sabtu (1/10/2016).
M. Syahran W. Lubis | 02 Oktober 2016 00:01 WIB
Penyerang Persib Sergio van Dijk merayakan gol ke gawang Persiba Balikpapan bersama Robertino Pugliara (kanan) - Persib.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Persipura Jayapura, Barito Putera, dan Persib Bandung mencatat kemenangan dalam lanjutan Indonesia/Torabika Soccer Championship (ISC/TSC) yang berlangsung pada Sabtu (1/10/2016).

Di Stadion Mandala di Jayapura, Papua, tuan rumah Persipura menaklukkan tamunya Persela Lamongan dengan skor telak 5-0. Pelatih Persipura Angel Alfredo Vera yang akrab disapa Alfredo pun lantas memuji skuat asuhannya atas sukses besar itu.

"Anak-anak bermain luar biasa. Mereka bemain baik, kerja sama tim terlihat apik," katanya selepas pertandingan

Kemenangan 5-0, kata pelatih asal Argentina itu, menunjukkan permainan satu dua, dan umpan panjang pendek antarpemain dan antarlini, serta operan terukur sudah mulai padu, apalagi melihat permainan tim tamu yang lebih mengandalkan serangan balik, daripada membangun serangan dari bawah.

"Bagi kami (Persipura), dari awal sudah tahu bahwa tim tamu akan bermain dengan mengandalkan pola serangan balik," lanjutnya seperti ditulis Antara.

Hal itu bisa dilihat pada pertandingan di babak pertama di mana banyak peluang diciptakan Boas Solossa dan kawan-kawan, namun jika kehilangan bola, tim lawan langsung memperagakan serangan balik yang cepat.

Nanti di babak kedua, kata dia, baru skuat asuhannya mendapatkan peluang emas mencetak gol pembuka pada menit 48 yang menjadi keran untuk gol-gol berikutnya, hingga hampir setengah lusin.

"Serangan balik itu terlihat saat pertandingan babak pertama berlangsung oleh tim tamu. Memang anak-anak kuasai jalannya laga, namun kesempatan untuk cetak gol belum didapat," katanya.

Lima gol yang disarangkan ke gawang Persela Lamongan yang dikawal oleh kapten Khoirul Huda dicetak Ferinando Pahabol (48’, 63’), Edward Wilson Junior (59’), kapten tim Boas Solosa (74’) dan Ricky Kayame (80’).

Sementara itu, PSM Makassar meraih kemenangan atas tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan skor tipis 2-1. Hasil itu membuat Juku Eja, julukan PSM, tak terkalahkan dalam sembilan laga beruntun.

Di tengah gelombang serangan tuan rumah, PSM justru berhasil mencuri gol lebih dahulu melalui kontribusi M. Rahmat yang memanfaatkan kesalahan pemain Barito asal Kamerun Thierry Gathuessi dan selanjutnya sukses memperdaya kiper muda yang baru berusia 16 tahun, M. Riyandi pada menit ke-19.

Barito terus menggencarkan serangan untuk menyamakan skor. Namun yang terjadi, lagi-lagi gawang tuan rumah kebobolan berkat gol Wiljan Pluim. Gelandang 27 tahun yang merupakan mantan pemain Vitesse Arnhem, Roda JC Kerkrade, PEZ Zwolle, dan Willem II Tilburg itu mencetak gol pada menit ke-57.

Barito hanya bisa memperkecil defisit gol pada menit ke-60 melalui eksekusi tendangan penalti striker asal Brasil Luiz Junior. Penalti diberikan karena pemain PSM Ahmad Hisham Tolle handsball di kotak terlarang.

Dalam laga lainnya, Persib Bandung berhasil mengatasi perlawanan Persiba Balikpapan dengan skor tipis juga 2-1 di Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Persiba memimpin terlebih dahulu melalui Matsunaga Shohei di injury time babak pertama. Sementara dua gol balasan Persib dicetak Sergio van Dijk pada menit ke-47 dan eksekusi penalti Vladimir Vujovic pada menit ke-82.

Sumber : Indonesiansc.com, Persib.co.id, & Antara

Tag : isc 2016
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top