Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2016: Lukaku Cetak 2 Gol, Belgia Buka Jalan ke 16 Besar

Belgia membuka jalan lolos ke 16 besar setelah berhasil melumat Republik Irlandia dengan skor telak 3-0 dalam matchday kedua Grup E Piala Eropa.
Romelu Lukaku setelah mencetak gol Belgia ke gawang Republik Irlandia/Reuters-Michael Dalder
Romelu Lukaku setelah mencetak gol Belgia ke gawang Republik Irlandia/Reuters-Michael Dalder

Bisnis.com, JAKARTA - Belgia membuka jalan lolos ke 16 besar setelah berhasil melumat Republik Irlandia dengan skor telak 3-0 dalam matchday kedua Grup E Piala Eropa (Euro) 2016 pada Sabtu malam WIB (18/6/2016).

Kemenangan dalam pertandingan di Nouveau Stade de Bordeaux di Kota Bordeaux, Prancis, itu membuka jalan bagi skuat asuhan Marc Wilmots untuk melaju ke fase knock out setelah dalam laga pertama mereka menelan kekalahan dari Italia dengan skor 0-2.

Dengan hasil itu, Belgia yang diperkuat gelandang serang berdarah Indonesia Radja Nainggolan mendulang nilai 3 dan menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup E di bawah Italia yang telah pasti lolos ke 16 besar dengan nilai 6 hasil dua kali menang.

Republik Irlandia berada di dasar klasemen dengan nilai 1, sama dengan Swedia, namun Republik Irlandia kalah selisih gol 1-4 berbanding 1-2 milik Swedia yang berhak mengisi peringkat ketiga.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI, tidak mudah bagi Belgia untuk mengatasi perlawanan Republik Irlandia. Hingga jeda, kedua tim masih bermain imbang tanpa gol.

Baru pada 45 menit babak kedua Belgia bisa memecah kebuntuan serangan dengan ujung tombak Romelu Lukaku menjebol gawang Republik Irlandia ketika pertandingan baru memasuki menit ke-3 setelah memaksimalkan assist Kevin de Bruyne.

Menerima umpan De Bruyne, Lukaku mengendalikan bola sejenak sebelum melepas tendangan dari tepi kotak penalti dengan kaki kiri yang gagal dihalau kapten Republik Irlandia John O'Shea ataupun kiper Darren Randolph.

Axel Witsel kemudian menggandakan keunggulan Belgia setelah dengan cermat memanfaatkan umpan dari Thomas Meunier pada menit ke-61.

Meunier, bek kanan yang membantu serangan, melepas umpan silang yang disambut Witsel dengan sundulan kepala yang keras.

Akhirnya Belgia memastikan membungkus kemenangan pertamanya di turnamen ini kembali lewat Lukaku 9 menit kemudian dengan assist Eden Hazard yang sebelumnya menerima bola dari Meunier dari wilayah permaina Belgia sendiri.

Dengan skor akhir 3-0, maka Belgia menangguk tiga angka yang membuka peluang untuk menuju fase knock out 16 besar. Mereka akan menjalani laga penentuan atau terakhir di fase grup dengan meladeni Swedia pada Kamis (23/6/2016) mulai pk. 02:00 WIB.

Adapun bagi Republik Irlandia, pada matchday ketiga harus menghadapi tim favorit juara Italia pada waktu yang bersamaan dengan pertandingan Belgia versus Swedia.

Bagi Republik Irlandia dan Swedia, hanya kemenangan yang memungkinkan mereka lolos ke babak 16 besar, setidaknya sebagai salah satu dari empat tim peringkat terbaik dari enam grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper