Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2016: 2 Gol di Ujung Laga, Prancis Pertama Lolos ke 16 Besar

Prancis lolos ke 16 besar Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menang 2-0 atas Albania.
Penyerang Prancis Antoine Griezmann setelah mencetak gol ke gawang Albania/Reuters-Eddie Keogh
Penyerang Prancis Antoine Griezmann setelah mencetak gol ke gawang Albania/Reuters-Eddie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Prancis menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke 16 besar Piala Eropa (Euro) 2016 setelah mengatasi perlawanan hebat Albania dengan skor 2-0 dengan kedua gol yang dihasilkan di ujung pertandingan.

Dalam laga Kamis dini hari WIB (16/6/2016) di Stadion Velodrome di Kota Marseille yang disiarkan secara langsung oleh RCTI, sungguh tidak mudah bagi tuan rumah menundukkan lawannya yang baru pertama kali lolos ke putaran final Euro. Meskipun mendominasi dengan penguasaan bola 60 persen, Prancis baru bisa menjebol gawang Albania di ujung pertandingan.

Setelah menemui jalan nyaris buntu dengan berulang kali gagal memaksimalkan peluang menjadi gol, akhirnya langkah pelatih Didier Deschamps memasukkan striker Antoine Griezmann menggantikan Kingsley Coman pada menit ke-68 membuahkan hasil positif.

Griezmann, yang sehari-hari bermain untuk klub La Liga Spanyol Atletico Madrid, sukses menanduk bola pada menit ke-90 untuk menjebol gawang Albania yang dikawal oleh kiper Etrit Berisha dengan memanfaatkan umpan lambung Adil Rami.

Merespons gol tersebut, Albania mencoba bangkit melakukan tekanan hebat ke wilayah pertahanan Prancis. Namun, yang terjadi kemudian justru Prancis yang dengan cepat membangun serangan balik dan diakhiri dengan kepiawaian Dimitri Payet melepas tendangan keras di bawah pengawalan ketat tiga pemain Albania. Tendangan yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang gagal ditepis Berisha.

Skor pun berubah menjadi 2-0 dan bidikan keras Payet yang menghasilkan gol kedua untuk Les Bleus itu merupakan sentuhan terakhir yang terjadi dalam pertandingan yang dipimpin wasit Willie Collum dari Skotlandia.

Dengan kemenangan itu, Prancis lolos ke 16 besar karena telah mengumpulkan nilai 6. Bahkan, kekalahan dari Swiss dalam pertandingan terakhir fase grup membuat mereka setidaknya lolos sebagai runner up Grup A.

Sementara bagi Albania, peluang untuk lolos ke babak 16 besar meredup meskipun masih terbuka dengan status sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Syaratnya, Albania harus menang setelak mungkin atas Rumania sambil berharap setidaknya tiga tim peringkat ketiga di grup lain memiliki nilai lebih buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper