Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARSENE WENGER: Karir Nyaris Usai Pada 2014, di Final Piala FA 2014

Arsene Wenger mengatakan pada Jumat (19/2/2016) bahwa karirnya sebagai pelatih Arsenal mungkin selesai jika The Gunners kalah pada final Piala FA 2014 dari Hull.
Arsenal juara FA Cup 2014-2015/Reuters-Carl Recine
Arsenal juara FA Cup 2014-2015/Reuters-Carl Recine

Bisnis.com, LONDON -  Arsene Wenger mengatakan pada Jumat (19/2/2016) bahwa karirnya sebagai pelatih Arsenal mungkin selesai jika "The Gunners" kalah pada final Piala FA 2014 dari Hull.

Arsenal, yang menghadapi lawan yang sama di putaran kelima Piala FA pada Sabtu, sempat tertinggal 0-2 dalam rentang waktu delapan menit ketika Hull secara mengejutkan memimpin di Wembley dua tahun silam.

Kelihatannya penantian sembilan tahun klub London utara itu terhadap trofi utama akan berlanjut, namun gol dari Santi Cazorla dan Laurent Koscielny membuat Arsenal menyamakan kedudukan, sebelum Aaron Ramsey membukukan gol penentu kemenangan pada masa perpanjangan waktu.

Bagi Wenger, yang telah mengarsiteki Arsenal sejak 1996, kemenangan 3-2 merupakan hasil yang menjadi tonggak setelah pria asal Prancis itu berada di bawah tekanan dari para penggemar Arsenal yang kecewa.

"Saya tidak tahu, sejujurnya, saya tidak tahu," kata pria veteran asal Prancis Wenger ketika ditanyai apakah ia akan dipecat jika Arsenal kalah pada pertandingan itu.

"Hal itu sudah terasa di udara dan kami harus memberikan segalanya untuk memenangi final itu. Jika kami kalah, saya tidak tahu." "Akan menjadi masalah jika kami tidak memenanginya. Akan menjadi kekecewaan besar bagi semua orang, namun kami menang." Wenger, yang menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi tiga tahun 13 hari setelah keemnangan itu menambahi, "Biasanya saya menghormati kontrak-kontrak saya dan saya berjuang untuk apapun. Saya memikirkannya dengan baik untuk mengatakan kepada Anda bahwa jika 17 tahun di klub bergantung kepada satu final ajang piala, akan lebih baik jika Anda tidak melaju ke final." Kemenangan di final Piala FA atas Hull menandai sesuatu yang menjadi kunci bagi perkembangan tim Arsenal.

Sekarang mereka berupaya menjadi tim pertama sejak abad ke-19 yang memenangi Piala FA dalam tiga tahun secara beruntun, setelah mengalahkan sesama tim Liga Utama Inggris Aston Villa pada final 2015.

Arsenal juga terpaut dua angka dari pemuncak klasemen Leicester City, ketika mereka mengejar gelar Liga Utama Inggris perdananya sejak 2004.

Menyukai gaya Inggris Namun meski kelihatannya akan membantu klub-klub papan atas seperti Arsenal, Wenger tidak setuju dengan rencana-rencana untuk menghapus pertandingan ulang di Piala FA di tengah spekulasi bahwa Liga Utama Inggris dan FA mengusulkan proposal untuk mencoret pertandingan-pertandingan itu.

"Saya sekarang telah kebal dengan peraturan-peraturan FA. Setelah sekian lama, saya sekarang menjadi orang Inggris yang sangat konservatif," tutur Wenger (66).

"Saya sedikit cemas perihal mengganti peraturan-peraturan karena saya sekarang menyukainya, saya yakin bahwa dengan hal seperti itu kami selalu mendapatkan lebih banyak uang dan ingin memainkan lebih sedikit pertandingan. Ini sedikit bertentangan." "Saya meyakini semua klub dapat berkompetisi dengan jumlah pertandingan yang harus kami mainkan, maka tidak ada keperluan nyata bagi kami untuk mengubah peraturan-peraturan. Ini merupakan kompetisi paling tradisional di Inggris, maka marilah menghormatinya dan mempertahankannya seperti itu." Arsenal akan menghadapi Barcelona pada pertandingan leg pertama putaran 16 besar Liga Champions pada Selasa, namun meski Wenger akan mengistirahatkan sejumlah pemain intinya pada akhir pekan ini, ia tidak ragu perihal pentingnya mengalahkan Hull.

"Bagi saya, ini merupakan pertandingan penting," tambah Wenger. "Cara terbaik untuk bersiap untuk melawan Barcelona adalah mengalahkan Hull (Sabtu) besok. Momentumnya penting dan kami harus memperlihatkan mentalitas bahwa kami mampu menang dengan fokus pada setiap pertandingan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper