Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rp175 Miliar, Wahbi Khazri Bergabung dengan Kucing Hitam

Klub Ligue 1 Prancis Girondins de Bordeaux setuju melepas pemain sayap Wahbi Khazri kepada klub Liga Primer Inggris Sunderland. Kucing Hitam, julukan Sunderland.
Wahbi Khazri/Sky Sports
Wahbi Khazri/Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Ligue 1 Prancis Girondins de Bordeaux setuju melepas pemain sayap Wahbi Khazri kepada klub Liga Primer Inggris Sunderland. Kucing Hitam, julukan Sunderland, mengontraknya scara permanen selama 4,5 tahun ke depan.

Pernyataan Bordeaux tidak memerinci nilai transaksi pelepasan pemain berusia 24 tahun kelahiran Ajaccio, Pulau Korsika, Prancis tersebut, yang kemudian memilih bermain untuk Timnas Tunisia, negara asal orang tuanya. Dia telah 13 kali bermain untuk Tunisia dan mencetak enam gol.

Meskipun tidak ada pernyataan resmi soal nilai transaksi, Sky Sports melaporkan bahwa persetujuan pelepasan Wahbi mencakup nilai transaksi sebesar 9 juta pound sterling (Rp175 miliar).

Manajemen Bordeaux mengemukakan bahwa sang pemain, yang kerap kali juga berperan sebagai gelandang serang, telah berangkat ke Inggris untuk melakukan negosiasi persyaratan pribadi dengan Sunderland.

Klub Ligue 1 itu menyatakan mereka kini mulai aktif mencari pengganti Wahbi, top skor klub musim ini dengan telah mencetak lima gol di kompetisi tertinggi di Prancis tersebut. Bordeaux menghuni peringkat ke-10 klasemen sementara Ligue 1.

Wahbi memulai karier profesionalnya pada 2009 bersama SC Bastia. Klub Ligue 1 itu pula tempatnya menjalani sekolah sepak bola. Selama 5 tahun bersama Bastia dia bermain dalam 171 pertandingan dan mencetak 32 gol.

Pada 2014 dia pindah ke Bordeaux. Bermain dalam 49 pertandingan bersama klub tersebut dan mencetak 14 gol, penampilan yang cukup bagus sehingga menarik minat Sunderland, yang di pentas Liga Primer Inggris masih tertatih-tatih berupaya meninggalkan zona degradasi.

Sunderland, yang ada di posisi kedua dari bawah klasemen sementara Liga Primer Inggris, baru saja mendatangkan bek asal Pantai Gading Kamine Kone dari rival Bordeaux, Lorient.

Ini memang menjadi pekan yang sibuk bagi klub yang bermarkas di wilayah timur laut Inggris itu. Sebelumnya tim besutan pelatih Sam Allardyce itu memboyong striker Senegal Dame N'Doye dengan status pemain pinjaman selama satu musim dari klub Turki Trabzonspor dan mendatangkan bek Jan Kirchhoff dari Bayern Munchen dengan kontrak berdurasi 1,5 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper