Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Kualifikasi Euro 2016: Laga Penentuan, Kroasia Kehilangan Modric

Timnas Kroasia akan tampil tanpa gelandang Real Madrid Luka Modric dalam pertandingan terakhir Grup H babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 yang sangat menentukan melawan tuan rumah Malta.
Luka Modric/Reuters-Darrin Zammit Lupi
Luka Modric/Reuters-Darrin Zammit Lupi

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Kroasia akan tampil tanpa gelandang Real Madrid Luka Modric dalam matchday 10 atau terakhir Grup H kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 yang sangat menentukan melawan tuan rumah Malta. Dia cedera saat Kroasia mengalahkan Bulgaria 3-0 pada matchday kesembilan.

"Luka menjalani scan hari ini dan hasilnya menunjukkan cedera paha, sehingga dia harus keluar dari laga kualifikasi di Malta karena tidak ada cukup waktu baginya untuk pulih," kata dokter tim Boris Nemec sebagaimana dilansir website federasi sepakbola Kroasia (www.hns-cff.hr).

Mereka tidak mengatakan berapa lama pemain berusia 30 tahun itu, yang pada musim 2014-2015 juga beberapa kali terganggu cedera, kemungkinan akan absen. Tetapi media Spanyol melaporkan Modric hampir pasti kehilangan pertandingan La Liga saat Real Madrid bertamu ke kandang Levante pada Sabtu (17/10/2015).

Dia juga diragukan dapat tampil bersama Real Madrid ketika menjalani pertandingan Grup A Liga Champions Eropa melawan Paris Saint-Germain pada 21 Oktober 2015.

Kroasia harus memenangi pertandingan Grup H kualifikasi Euro 2016 yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (14/10/2015) mulai pk. 01:45 WIB untuk lolos secara langsung atau otomatis ke putaran final Euro 2016 yang digelar di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli tahun depan. Tetapi, bukan hanya kemenangan, Kroasia juga harus ‘dibantu’ Italia yang pada saat bersamaan menjamu Norwegia.

Grup H menjadi satu-satunya grup yang masih memperebutkan selembar tiket otomatis atau langsung ke putaran final di Prancis, bukan melalui jalur play off antartim peringkat ketiga.

Peta di Grup H, Italia telah lolos dengan koleksi nilai 21 dan untuk sementara menempati peringkat teratas. Norwegia di peringkat kedua dengan nilai 19, disusul Kroasia dengan 17 angka, sedangkan tiga tim lain yakni Bulgaria (nilai 8), Azerbaijan (6), dan Malta (2).

Jadi, Norwegia dan Kroasia akan berebut satu tiket otomatis langsung ke putaran final di Prancis. Dengan Norwegia harus bertemu tuan rumah Italia sementara Kroasia hanya akan bertandang ke Malta, kemungkinan sangat terbuka bagi Kroasia untuk mengakhiri klasemen di posisi kedua.

Hitungannya, 3 angka tidaklah sulit untuk didapat Kroasia, sedangkan Norwegia sangatlah sulit mereguk poin penuh di kandang Italia yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola terbesar di level dunia bersama Brasil dan Jerman, dikukur dari jumlah ketiga negara itu mampu menjuarai Piala Dunia.

Bahkan, kalau pun Norwegia bisa memaksakan skor imbang di kandang Italia, tetapi Kroasia tetap tak terbendung di Malta, maka nilai keduanya sama-sama 20 dan Kroasia-lah yang berhak di posisi kedua karena unggul head to head skor 5-3 versus Norwegia dan juga unggul selisih gol.

Dengan demikian, Norwegia hanya akan masuk ke jalur play off antartim peringkat ketiga dengan menempati nilai terbaik kedua di bawah Hongaria di Grup F yang telah dipastikan ikut langsung masuk secara otomatis ke putaran final bersama 18 tim juara dan runner up setiap grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper