Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enam Fakta Menarik Lolosnya Albania ke Euro 2016

Enam Fakta Menarik Lolosnya Albania ke Euro 2016
Suporter Albania/Reuters
Suporter Albania/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional sepak bola Albania mengikuti jejak Wales dan Irlandia Utara lolos ke babak utama Euro 2016 yang akan digelar di Prancis. Albania memastikan satu tiket setelah mengalahkan Armenia 3-0 dalam pertandingan kualifikasi Grup I di Yerevan, Minggu, 11 Oktober 2015.

Fakta lolosnya Albania untuk pertama kalinya di babak utama Piala Eropa diikuti dengan beberapa fakta lainnya yang menarik. Berikut ini daftarnya:

1. Dari 19 pemain yang dipanggil untuk menjalani laga kualifikasi Euro 2016 melawan Serbia dan Armenia, 14 di antaranya lahir di luar Albania. Ada enam pemain yang lahir di Swiss dan sempat membela tim nasional Swiss usia di bawah 21 tahun.

2. Pemain-pemain berbangsa Albania banyak menjadi warga negara lain sehingga tersebar di berbagai tim nasional sepak bola. Berdasarkan laporan situs berita Albania, Borozani.com, pada 5 Maret 2014, ada 54 pemain berbangsa Albania yang dipanggil tujuh tim nasional berbeda untuk menjalani persiapan Piala Dunia 2014. Selain tim nasional Albania yang memanggil 19 pemain, tim nasional Kosovo memanggil 22 pemain, Swiss 5 pemain, Makedonia 4 pemain, Finlandia 2 pemain, Jerman 1 pemain, dan Montenegro 1 pemain.

3. Setelah kualifikasi Piala Dunia 2014 usai, kapten tim nasional Albania, Lorik Cana, masuk dalam daftar sebelas pemain tim impian yang dibuat WhoScored, situs penyedia data statistik sepak bola. Dasar pemilihan pemain adalah rating penampilan yang dibuat situs tersebut.

4. Koran Katalunya, El Mundo Deportivo, melaporkan, kehadiran pemain-pemain berbangsa Albania signifikan di Piala Dunia 2014. Koran itu menulis, jika saja pelatih Albania, Gianni De Biasi, bisa menggunakan pemain-pemain Albania berkewarganegaraan Swiss serta Adnan Januzaj dari Belgia, tim nasional Albania-lah yang akan menembus perempat final di Piala Dunia 2014, bukan Swiss.

5. Albania menjadi anggota UEFA pada tahun pertama asosiasi itu dibentuk, yaitu 1954.

6. Asosiasi Sepak Bola Albania (FSHF) diskors Federasi Internasional Asosiasi Sepak Bola pada 14 Maret 2008 karena intervensi pemerintah. Penskorsan ini berarti Albania tidak bisa berpartisipasi dalam sepak bola internasional. Skors itu dicabut FIFA pada 29 April 2008, setelah pemerintah Albania menyetujui statuta baru FSHF dan menteri olahraga mereka saat itu, Ylli Pango, menghentikan proses hukum yang dia lancarkan terhadap FSHF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper