Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lengkap Kualifikasi Euro: Belgia, Wales, Italia ke Prancis, Belanda Menang Tapi Kritis

Belgia, Italia, dan Wales lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis tahun depan setelah menyelesaikan pertandingan matchday kesembilan yang berlangsung pada Minggu dini hari WIB (11/10/2015).
Para pemain Timnas Wales merayakan kelolosan ke putaran final Euro 2016 di Prancis setelah mengakhiri pertandingan melawan tuan rumah Bosnia-Herzegovina dengan kekalahan 0-2. Meskipun kalah, Wales tetap lolos ke Prancis karena dalam pertandingan lain tuan rumah Israel kalah dari Siprus 1-2./Reuters-Dado Ruvic
Para pemain Timnas Wales merayakan kelolosan ke putaran final Euro 2016 di Prancis setelah mengakhiri pertandingan melawan tuan rumah Bosnia-Herzegovina dengan kekalahan 0-2. Meskipun kalah, Wales tetap lolos ke Prancis karena dalam pertandingan lain tuan rumah Israel kalah dari Siprus 1-2./Reuters-Dado Ruvic

Bisnis.com, JAKARTA - Belgia, Italia, dan Wales lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis tahun depan setelah menyelesaikan pertandingan matchday kesembilan pada Minggu dini hari WIB (11/10/2015).

Dengan demikian, di luar Prancis yang lolos secara otomatis sebagai tuan rumah, sudah 11 tim yang mendapat tiket ke putaran final Euro 2016 yakni Eslandia, Republik Ceska (Grup A), Belgia, Wales (C), Spanyol (C), Inggris, Swiss (E), Irlandia Utara (F), Austria (G), Italia (H), dan Portugal (I).

Dalam pertandingan di Grup B, Radja Nainggolan membuka keunggulan Belgia pada menit ke-19 atas tuan rumah Andorra di Stadion Nasional Andorra La Vella. Kevin de Bruyne menggandakan keunggulan tim tamu menjadi 0-2 ketika babak pertama manyisakan 3 menit.

Memasuki babak kedua Andorra sempat memperkecil skor menjadi 1-2 lewat penalti Ildefons Lima. Namun hanya 4 menit kemudian giliran Belgia mendapat penalti dan Edin Hazard sukses mengeksekusinya menjadi gol.

Dengan tambahan satu gol lagi dari Laurent Depoitre pada menit 64, maka Belgia unggul dengan skor telak 4-1 dan meraih tiket ke putaran final di Prancis yang dijadwalkan berlangsung pada 10 Juni hingga 10 Juli tahun depan.

Wales juga ikut lolos dari Grup B meskipun kalah dengan skor 0-2 dari tuan rumah Bosnia-Herzegovona di Stadion Bilino Polje, Zenica, berkat dua gol Milan Duric pada menit 61 dan Vedad Ibisevic pada menit 90.

Lolosnya Wales itu disebabkan dalam laga lain tuan rumah Israel di luar dugaan takluk dari Siprus dengan skor tipis 1-2 di Stadion Teddy di Jerusalem. Inilah pertama kalinya Wales lolos ke putaran final sebuah turnamen besar sejak masuk putaran final Piala Dunia 1958.

Sebenarnya, jika Israel memetik 3 angka di kandang sendiri melawan Siprus, maka dengan nilai Wales 18 dan Israel 16, secara matematis Gareth Bale dan kawan-kawan masih bisa tersingkir jika pada pada matchday ke-10 Israel ternyata mampu mengalahkan Belgia dan Wales tumbang dari Andorra.

Tiket ke Prancis juga menjadi milik Italia yang menang di kandang Azerbaijan dengan skor 3-1 dalam pertandingan di Grup H. Kemenangan itu membawa Italia memuncaki klasemen sementara dengan koleksi nilai 21.

Meskipun kalah dari Norwegia dalam laga terakhir pada Rabu (14/10/2015) pk. 01:45 sehingga Gli Azzurri turun ke posisi kedua dalam klasemen akhir, Italia tetap lolos ke Pracis karena dua tim teratas setiap grup memang langsung lolos otomatis ke otomatis bersama satu peringkat ketiga terbaik.

Adapun delapan tim peringkat ketiga lainnya berebut empat tiket tersisa melalui pertandingan play off dua leg dengan sistem kandang dan tandang.

Sementara itu di Grup A, peluang Belanda ke putaran final di Prancis tahun depan semakin berat meskipun mencatat kemenangan 2-1 atas tuan rumah Kazakhstan dengan skor tipis 2-1 di Stadion Astana Arena di Kota Astana.

Ini disebabkan dalam pertandingan lain rival kead to head untuk berebut posisi ketiga, Turki, juga menang 2-0 atas tuan rumah Republik Ceska—yang lebih lolos ke Prancis—di Stadion Generali Arena di Praha. Dua gol itu dikontribusi Selcuk Inan lewat penalti menit 62 dan Hakan Calhanoglu pada menit 79.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Belanda pun dalam keadaan kritis lantaran kemenangan tak membuatnya bisa melewati Turki yang menghuni posisi ketiga di mana dua tiket otomatis ke Prancis telah menjadi milik Eslandia dan Republiik Ceska di posisi dua teratas.

Nilai Turki kini 15, sedangkan Belanda 13. Dengan demikian, berapa besar pun Belanda bisa menaklukkan Republik Ceska dalam matchday 10, jika Turki ternyata juga menaklukkan Eslandia, maka Belanda dipastikan gagal ke Prancis karena hanya menempati peringkat keempat.

Hasil lengkap matchday kesembilan Grup A, B, dan H:

GRUP A

Eslandia 2 vs Latvia 2

Kazakhstan 1 vs Belanda 2

Republik Ceska 0 vs Turki 2

GRUP B

Andorra 1 vs Belgia 4

Bosnia-Herzegovina 2 vs Wales 0

Israel 1 vs Siprus 2

GRUP H

Azerbaijan 1 vs Italia 3

Norwegia 2 vs Malta 0

Kroasia 3 vs Bulgaria 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper