Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALIFIKASI EURO 2016: Robben Cedera, Belanda di Ambang Kegagalan

Belanda kalah dari tim tamu Eslandia dan cedera kapten tim Arjen Robben kambuh lagi. Akibatnya pemain Bayern Munchen itu hampir dipastikan tidak ikut melawat ke Turki dalam matchday kedelapan babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016.
Arjen Robben/Worldsoccertalk.com
Arjen Robben/Worldsoccertalk.com

Bisnis.com, JAKARTA - Belanda kalah dari tim tamu Eslandia dan cedera kapten tim Arjen Robben kambuh lagi. Akibatnya pemain Bayern Munchen itu hampir dipastikan tidak ikut melawat ke Turki dalam matchday kedelapan babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016.

Kekalahan dari Eslandia dengan skor tipis 0-1 membuat Belanda terpaku di posisi ketiga Grup A fase kualifikasi dan masih tetap harus merasa beruntung karena Turki ditahan imbang tim lemah Latvia dengan skor 1-1. Kalau saja Turki yang menang, maka Belanda turun ke peringkat keempat.

Namun, penurunan ke peringkat keempat itu agaknya hanya sementara, karena Belanda harus bertamu ke Stadion Konya Büyükehir di Selcuklu, Konya, untuk bertarung melawan tuan rumah Turki dalam pertandingan yang direncanakan disiarkan secara langsung oleh RCTI.

Ini adalah pertarungan hidup mati yang benar-benar sangat menentukan nasib Belanda. Hal itu disebabkan dari setiap grup babak kualifikasi, hanya dua tim teratas yang langsung lolos ke putaran final Euro 2016, sedangkan dari sembilan tim peringkat ketiga, hanya yang terbaik yang langsung ikut lolos, sementara delapan lainnya saling beradu untuk berebut sisa empat tiket.

Artinya, kalau Belanda kalah lagi dari Turki—yang notabene merupakan lawan head to head untuk berebut slot peringkat ketiga yang memelihara asa meraih tiket ke Prancis setidaknya lewat jalur play off kontra tim peringkat tiga lainnya—maka skuat Oranje akan turun ke posisi keempat.

Jika akhirnya benar-benar kalah melawan Turki, sulit bagi Belanda untuk naik ke peringkat ketiga lagi, mengingat lawan duel head to headnya sudah telanjur berada di posisi yang lebih tinggi dan Belanda hanya bisa berharap Turki kalah dari Republik Ceska dan Eslandia dalam sisa dua laga. Pertemuan pertama Belanda dan Turki di Amsterdam Maret lalu berakhir dengan skor imbang 1-1.

Persoalan lebih berat akibat cedera paha Robben kambuh saat kalah dari Eslandia. Robben telah menyatakan bahwa dia memilih untuk kembali ke markas Bayern Munchen untuk memulihkan cederanya.

Robben memang banyak absen memperkuat Bayern Munchen sepanjang paruh kedua Bundesliga Jerman musim lalu akibat bolak-balik menderita cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper