Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pep Guardiola/Reuters-Michaela Rehle
Pep Guardiola/Reuters-Michaela Rehle

Pep Guardiola-2

Josep "Pep" Guardiola --kelahiran 18 Januari 1971-- adalah mantan pemain sepak bola Spanyol yang menjadi  manajer  klub Bundesliga Bayern Munich.

Guardiola bermain sebagai gelandang bertahan dan menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Barcelona, membentuk bagian dari Johan Cruyff "Dream Team" yang memenangkan Piala Eropa pertama klub pada  1992, dan empat gelar La Liga berturut-turut dari  1991 sampai 1994. Ia kemudian menjadi kapten tim dari  1997 sampai 2001.

Dia kemudian bermain untuk Brescia dan Roma di Italia, Al-Ahli di Qatar, dan Dorados de Sinaloa di Meksiko saat pelatihan untuk menjadi seorang manajer. Sambil bermain di Italia, ia menjalani  larangan empat bulan untuk tes obat yang positif, meskipun ia dibebaskan dari kesalahan dua kali  banding  pada 2009 sebelum Pengadilan Kehakiman Federasi Sepakbola Italia dan Federal Anti-Doping Pengadilan Olimpiade Italia Komite (CONI). 

Guardiola tampil 47 kali untuk Spanyol, memenangkan medali emas Olimpiade pada  1992, dan muncul di Piala Dunia FIFA 1994. Dia juga bermain pada pertandingan persahabatan untuk Catalonia. Di Italia, dia dikenal A deep-lying playmaker, ia sangat dihormati sepanjang karirnya untuk visi permainannya, kontrol bola, kemampuan teknis, melewati jangkauan, dan ketenangannya.

Sebagai manajer, Guardiola telah memenangkan 14 trofi dalam empat tahun pertama mengelola karirnya. Dia adalah salah satu yang paling sukses dan dianggap sebagai salah satu manajer terbaik di dunia.

Setelah pensiun sebagai pemain, Guardiola menjadi pelatih Barcelona B, dan pada  2008 ia berhasil menggantikan Frank Rijkaard sebagai manajer tim pertama.  Pada musim pertamanya sebagai manajer, Guardiola memandu Barcelona ke treble, memenangkan La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.

Dengan demikian, Guardiola menjadi manajer termuda yang memenangkan Liga Champions. Musim berikutnya, Guardiola membawa Barcelona memenangkan Supercopa de España, Piala Super UEFA, dan FIFA Club World Cup, membawa golnya ke maksimum enam piala dari enam kompetisi dalam satu tahun, sehingga mencapai sextuple tersebut.

Pada  2011, Guardiola dianugerahi Medali Emas Catalan Parlemen, penghargaan tertinggi mereka.  Pada tahun yang sama, Guardiola juga menjadi  Coach FIFA of the Year.  Pada 30 Juni 2012, Guardiola mengumumkan pengunduran dirinya sebagai manajer Barcelona , setelah memenangkan 14 piala dalam empat tahun bertugas klub.

Setelah masa cuti, Bayern Munich mengumumkan pada  16 Januari 2013,  Guardiola akan bergabung dengan klub sebagai manajer untuk musim 2013-14 menyusul pensiunnya Jupp Heynckes. Dalam musim pertamanya di klub, Guardiola memenangkan Bundesliga, DFB Pokal, Piala Super UEFA dan FIFA Club World Cup.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Luis Enrique-1
Halaman Selanjutnya
Carlo Ancelotti-3
Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa/wikepedia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper