Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Neymar Jr/Reuters
Neymar Jr/Reuters

Gareth Bale-7

Neymar da Silva Santos Júnior --lahir 5 Februari 1992-- umumnya dikenal sebagai Neymar atau Neymar Jr. Dia pemain profesional Brasil yang bermain untuk klub Spanyol FC Barcelona dan kapten untuk Tim nasional Brasil. Dia bermain sebagai stiker atau sayap.

Pada usia 19, Neymar memenangkan Player of The Year 2011 di Amerika Selatan. Diikuti dengan memenangkan lagi pada  2012. Pada  2011 Neymar menerima nominasi untuk FIFA Ballon d'Or  dan dia mememangkan Puskás FIFA untuk Goal of the Year.  Ia dikenal untuk kecepatannya, keterampilan dribbling, finishing dan kemampuan dengan kedua kaki.

Gaya permainannya telah menerima pujian, oleh fans, media dan mantan pemain yang dibandingkan dengan mantan pemain depan Brazil Pelé, yang disebut Neymar "pemain yang sangat baik", sementara Ronaldo, Ronaldinho dan Lionel Messi telah menyatakan "dia akan menjadi yang terbaik di dunia ".

Neymar bergabung dengan Santos pada  2003 dan, setelah naik pangkat, dipromosikan ke skuad tim pertama mereka. Dia melakukan debut untuk Santos pada  2009 dan terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik  2009 Campeonato Paulista.

Diikuti, dengan terpilihnya dia sebagai pemain terbaik karena Santos memenangkan Campeonato Paulista 2010, dan juga menjadi pencetak gol terbanyak  pada Copa do Brasil 2010  dengan 11 gol. Ia menyelesaikan musim 2010 dengan 42 gol dalam 60 pertandingan, saat klubnya mencapai ganda.

Neymar lagi sebagai pemain terbaik tahun ini pada  2011 saat Santos mempertahankan gelar dan juga memenangkan Copa Libertadores 2011 di mana Neymar mencetak enam gol dalam 13 penampilan.

Dia juga memainkan peran kunci dalam mengamankan ganda Kontinental, Santos 'pertama sejak 1963. Neymar menerima bola perunggu di FIFA Club World Cup 2011, dengan Santos mencapai final, di mana mereka dikalahkan 4-0 oleh Barcelona.

Pada Piala Dunia FIFA 2014, Neymar mencetak empat gol sebelum ia mengalami cedera patah tulang vertebra di perempat final dan melewatkan sisa turnamen. Dia menerima Bronze Boot sebagai pencetak gol terbanyak ketiga turnamen, dan namanya masuk di Piala Dunia All Star XI.

Dengan 43 gol dalam 62 pertandingan untuk Brasil, Neymar adalah pencetak gol kelima tertinggi untuk tim nasional.  Pada 2012 dan 2013, SportsPro menamainya atlet yang paling berharga di dunia.  Pada Desember 2013 ia masuk peringkat The Guardian sebagai pemain terbaik keenam di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Thomas Muller-6
Halaman Selanjutnya
Carlos Tevez-8
Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper