Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LENGKAP LIGA EUROPA: Sevilla & Torino Lolos, Ini Tim Kontestan 32 Besar

Sebanyak 10 tim akhirnya melengkapi tim peserta 32 besar Liga Europa setelah menyelesaikan matchday keenam fase grup yang berlangsung hingga Jumat pagi WIB (12/12/2014).
Carvalho Amauri (kiri) merayakan gol yang dicetaknya untuk Torino ke gawang Kopenhagen. Torino menang 5-1 dan lolos ke fase knock out Liga Europa./Reuters
Carvalho Amauri (kiri) merayakan gol yang dicetaknya untuk Torino ke gawang Kopenhagen. Torino menang 5-1 dan lolos ke fase knock out Liga Europa./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 10 tim akhirnya melengkapi tim peserta 32 besar Liga Europa setelah menyelesaikan matchday keenam fase grup yang berlangsung hingga Jumat pagi WIB (12/12/2014).

Di Grup A, klub Bundesliga Jerman Borussia Moenchengladbach dan klub La Liga Spanyol Villarreal akhirnya melaju ke fase knock out. Moenchengladbach menaklukkan Zurich dengan skor telak 3-0, sedangkan Villarreal menang 2-0 atas Apollon Limassol.

Di Grup B, utusan Belgia Club Brugge dan Wakil Serie A Torino lolos. Club Brugge mengatasi tim Finlandia Helsingin Jalkapalloklubi (HJK) 2-1, sedangkan Torino menghantam Kopenhagen 5-1.

Sementara itu klub Ukraina Dnipro Dnipropetrovsk lolos mendampingi wakil Italia Inter Milan dari Grup F. Dalam laga terakhir fase grup Dnipro menang tipis 1-0 atas kontestan Ligue 1 Prancis Saint-Etienne, sedangkan dalam laga lain juara Azerbaijan Karabakh hanya bisa seri tanpa gol saat menjamu Inter.

Dari Grup G, juara bertahan Sevilla mendampingi Fejenoord Rotterdam setelah dalam matchday keenam menang tipis 1-0 atas wakil Kroasia Rijeka.

Di Grup H, keharusan memetik 3 angka untuk lolos ke 32 besar malahan membuat klub Prancis Lille takluk di kandang sendiri dengan skor telak 0-3 dari tim Bundesliga Jerman Wolfsburg. Dengan hasil itu, Wolfsburg-lah yang akhirnya mendampingi Everton ke babak knock out.

Sementara itu dalam pertandingan di Bern, Swiss, tuan rumah Young Boys menundukkan wakil Republik Ceska Sparta Praha dengan skor 2-0 untuk mendampingi Napoli lolos dari Grup I.

Hasil mengejutkan terjadi di Toumba Stadium, Thessaloniki. Tuan rumah yang tengah memimpin klasemen Liga Yunani, PAOK, kalah 1-2 dari klub Prancis Guingamp, yang kini hanya menempati posisi ke-16 di Ligue 1. Dengan hasil itu, Guingamp lolos ke 32 besar mendampingi Fiorentina dari Grup K.

Sebelumnya, hingga matchday kelima, 14 tim telah lolos ke 32 besar dari fase grup Liga Europa yakni Tottenham Hotspur, Besiktas (Grup C), Red Bull Salzbourg, Celtic (D), Dinamo Moskwa, PSV Eindhoven (E), Inter Milan (F), Fejenoord (G), Everton (H), Napoli (I), Dinamo Kiev (J), Fiorentina (K), Legia Warsawa, Trabzonspor (L).

Fase grup Liga Europa dibagi menjadi 12 grup. Dua tim teratas dari setiap grup lolos ke 32 besar, sehingga akan terdapat 24 tim yang melanju ke fase knock out. Untuk melengkapi jumlah 32 peserta, delapan tim lainnya diambil dari peringkat ketiga dari delapan grup Liga Champions.

Liga Europa memang merupakan kompetisi antarklub negara-negara anggota Union of European Football Associations (UEFA) level kedua setelah Liga Champions.

Delapan tim yang merupakan peringkat ketiga setiap grup Liga Champions dan masuk putaran 32 besar Liga Europa ialah Olympiakos, Liverpool, Zenit Saint-Petersburg, Anderlecht, AS Roma, Ajax Amsterdam, Sporting Lisbon, dan Athletic Bilbao.

Berikut hasil lengkap matchday keenam Liga Europa sebagaimana tertera dalam situs resmi UEFA:

Borussia Moenchengladbach 3 vs Zurich 0 (A)

Apollon Limassol 0 vs Villarreal 2 (A)

Club Brugges 2 vs HJK 1 (B)

Kopenhagen 1 vs Torino 5 (B)

Partizan 0 vs Asteras Tripolis 0 (C)

Besiktas 1 vs Tottenham Hotspur 0 (C)

Red Bull Salzbourg 5 vs Astra 1 (D)

Dinamo Zagreb 4 vs Celtic 3 (D)

PSV Eindhoven 0 vs Dinamo Moskwa 1 (E)

Panathinaikos 1 vs Estoril 1 (E)

Dnipro Dnipropetrovsk 1 vs Saint-Etienne 0 (F)

Karabakh 0 vs Inter Milan 0 (F)

Standard Liege 0 vs Fejenoord 3 (G)

Sevilla 1 vs Rijeka 0 (G)

Lille 0 vs Wolfsburg 3 (H)

Everton 0 vs Kuban Krasnodar 1 (H)

Young Boys 2 vs Sparta Praha 0 (I)

Napoli 3 vs Slovan Bratislava 0 (I)

Steaua Bukarest 0 vs Dynamo Kiev 2 (J)

Rio Ave 2 vs Aalborg 0 (J)

PAOK 1 vs Guingamp 2 (K)

Fiorentina 1 vs Dinamo Minsk 2 (K)

Metalist Kharkiv 0 vs Sporting Lokeren 1 (L)

Legia Warsawa 2 vs Trabzonspor 0 (L).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper