Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Timnas Indonesia Gulung Filipina 2-0

Bisnis. com, SOLO – Indonesia meraih hasil positif dalam laga persahabatan melawan Filipina di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/8/2013) malam WIB. Skuat Garuda, julukan Indonesia, sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Agustus 2013  |  23:46 WIB

Bisnis. com, SOLO Indonesia meraih hasil positif dalam laga persahabatan melawan Filipina di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/8/2013) malam WIB. Skuat Garuda, julukan Indonesia, sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0.

Kemenangan Indonesia diraih melalui dua gol yang masing-masing diciptakan Greg Nwokolo pada babak pertama dan Muhammad Robbi di interval kedua.

Kemenangan ini menjadi yang pertama diraih Indonesia di bawah besutan pelatih Jacksen F. Tiago, semenjak menangani Timnas Indonesia medio Maret lalu. Sebelumnya, sejak menangani Indonesia, baik sebagai asisten maupun pelatih kepala, pascarekonsiliasi PSSI, medio Maret lalu, Jacksen belum pernah membawa Indonesia menang, baik dalam laga kompetitif maupun persahabatan.

Jalannya Pertandingan
Dalam laga yang disiarkan langsung oleh RCTI itu, Indonesia langsung menurunkan skuat terbaiknya. Meski bertajuk laga persahabatan kontra Filipina, Indonesia nampaknya tak ingin bermain setengah hati.

Di posisi depan, Jacksen menurunkan Greg dan Boaz Solossa. Sementara, playmaker Stefano Lilipaly juga dimainkan di belakang kedua penyerang tersebut. Ini menjadi debut pemain Almere City Belanda itu bersama timnas.

Di awal laga, Indonesia langsung tampil menekan. Meski demikian, The Azkals, julukan Filipina, tak gentar. Philip Younghusband cs juga menerapkan permainan terbuka. Alhasil adu serangan pun tersaji di awal laga.

Namun, lambat laun Indonesia mulai menguasai keadaan. Skuat Garuda mulai lebih banyak memegang kendali dengan banyak memberikan tekanan, baik melalui Lilipaly, Greg, Taufik maupun Boaz.

Pada menit ke-30, Indonesia akhirnya mampu memecah kebuntuan. Adalah Greg yang menjadi pembeda dengan menciptakan gol seusai menerima umpan silang mendatar dari Lilipaly dari sisi kiri pertahanan Filipina.

Indonesia pun memimpin 1-0.  Keunggulan itu bertahan hingga turun minum.

Memasukki babak kedua, Indonesia langsung tampil menekan. Alhasil beberapa peluang pun diciptakan skuat Garuda, seperti sepekan Boaz yang masih mengena kaki pemain belakang Filipina serta tembakan Greg yang masih menyamping dari mistar gawang The Azkals.

Pada menit ke-63, Jacksen mulai melakukan rotasi dengan menarik Greg dan memasukkan Titus Bonay. Hadirnya striker Semen Padang itu menambah daya gedor skuat Garuda.

Alhasil di menit ke-66, Indonesia mampu menambah keunggulan melalui tandukan M. Robby. Pemain belakang asal Persisam Samarinda itu menjebol gawang Filipina seusai memanfaatkan sepak pojok Ahmad Bustomi yang diteruskan Titus Bonay. Indonesia pun unggul 2-0.

Indonesia nyaris menambah pundi golnya di masa injury time lewat tendangan keras Patrick Wanggai di luar kotak penalti. Namun, sepakan striker Persipura Jayapura itu hanya mengenai mistar gawang Filipina. Alhasil keunggulan Indonesia 2-0 atas juara tiga Piala AFF 2013 itu pun tak berubah.

Susunan Pemain
Indonesia
I Made Wirawan (Gk); M. Robby, Victor Igbonefo, Hasim Kipuw (Yustinus Pae 91’), Ruben Sanadi; Ahmad Bustomi (V. Mofu 89’), Taufiq (Andik V 79’), Raphael Maitimo; Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo (Titus Bonay 63’); Boas Solossa (Patrick Wanggai 72’)

Filipina
Edward Sacapano (Gk); James Gier Robert, Carlos Alberto, Christiaens, James Younghusband (Aquinaldo Amani 61’), Greatwich, Mulders, Emilio Caligdong, Angel Guirardo, Mark Hartmann, Philip Younghusband

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pssi isl indonesia vs filipina

Sumber : Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top