Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Messi & Argentina Akhirnya Batalkan Pertandingan vs Israel

Argentina akhirnya memutuskan untuk membatalkan laga uji coba terakhir mereka menjelang Piala Dunia 2018 yang dijadwalkan berlangsung di Jerusalem melawan tuan rumah Israel.
Lionel Messi dalam balutan jersey Timnas Argentina/Reuters
Lionel Messi dalam balutan jersey Timnas Argentina/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Argentina akhirnya memutuskan untuk membatalkan laga uji coba terakhir mereka menjelang Piala Dunia 2018 yang dijadwalkan berlangsung di Jerusalem melawan tuan rumah Israel, demikian pernyataan striker Gonzalo Higuain.

Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan kondisi politik yang menyelimuti rencana pertandingan tersebut dan telah mengundang kemarahan asosiasi sepak bola Palestina.

“Mereka [Asosiasi Sepak Bola Argentina/AFA] akhirnya membuat keputusan yang tepat,” ungkap pemain Juventus itu kepada ESPN mengonfirmasi pembatalan pertandingan tersebut pada Rabu pagi WIB (6/6/2018).

Pertandingan yang semula akan digelar di Stadion Teddy itu merupakan uji coba terakhir Lionel Messi dan kawan-kawan menjelang bertarung di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia yang berlangsung pada 14 Juni hingga 15 Juli.

Sejauh ini belum ada reaksi berlebihan atas pembatalan pertandingan tersebut dari federasi sepak bola ataupun politisi Israel. Hanya saja, PM Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan telah membujuk Presiden Argentina Mauricio Macri agar timnasnya tak membatalkan pertandingan tersebut.

Radio Israel mengutip seorang pejabat diplomatik yang tidak disebutkan namanya mengatakan peluang menyelamatkan pertandingan agar tetap berlangsung sangatlah tipis.

Rencana kunjungan Argentina, juara Piala Dunia 1978 dan 1986, menarik minat yang sangat besar dari fans mereka di Israel, terutama kehadiran pemain bintang FC Barcelona Lionel Messi.

Pihak Palestina merayakan pembatalan laga tersebut. Di Ramallah dan Tepi Barat, warga Palestina menunjukkan suka cita mereka dan otoritas sepak bola negara tersebut berterima kasih kepada Messi dan koleganya atas pembatalan tersebut.

“Asosiasi sepak bola Palestina berterima kasih kepada para pemain yang dipimpin bintang Messi atas penolakan mereka digunakan untuk kepentingan di luar olahraga,” demikian pernyataan resmi asosiasi tersebut.

Ketua asosiasi sepak bola Palestina Djibril Rajoub mengatakan nilai, moral, dan olahraga telah mendapatkan kemenangan dan kartu merah dibangkitkan di Israel melalui pembatalan laga tersebut.

Argentina merupakan satu-satunya kontestan putaran final Piala Dunia 2018 yang sempat merencanakan pertandingan uji coba melawan Israel. Tidak ada nama Israel dalam agenda uji coba 31 kontestan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper