Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istanbul Tuan Rumah Final Liga Champions 2020

Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2020, Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengumumkan setelah pertemuan komite eksekutif pada Kamis (24/5/2018).
Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul, Turki/Tekfen Engineering
Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul, Turki/Tekfen Engineering

Bisnis.com, KIEV -  Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2020, Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengumumkan setelah pertemuan komite eksekutif pada Kamis (24/5/2018).

Stadion berkapasitas 76.000 itu pernah menjadi tuan rumah pertandingan pada tahun 2005 yang mendebarkan, di mana Liverpool bangkit dari ketinggalan 3-0 pada babak pertama dan bermain imbang 3-3 dengan AC Milan sekaligus memenangkan laga dalam adu penalti.

Arena tersebut mengalahkan kompetitor lainnya dari Lisbon Estadio da Luz, di mana Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid 4-1 setelah perpanjangan waktu di final 2014.

Atatürk Olimpiyat Stadyumu atau Atatürk Olimpiyat Stadi terletak di kitelli, di pinggiran kota Istanbul, adalah stadion terbesar di Turki. Stadion ini dibangun untuk rencana Olimpiade Turki dan berbiaya sebesar 130 juta TRY (lebih dari Rp900 miliar).

Stadion Olimpiade Atatürk dirancang oleh dua arsitek Perancis, Michel Macary dan Aymeric Zublena, yang juga adalah arsitek Stade de France di Paris. Dengan 80.567 kursi dan ukuran Olimpiade, stadion Ataturk diberikan gelar kompleks olahraga bintang 5 oleh UEFA pada 2004, sehingga ia dapat menjadi tuan rumah untuk final ajang-ajang UEFA.

Stadion Olimpiade Atatürk telah menjadi tuan rumah beberapa kejuaraan atletik Eropa. Galatasaray memainkan pertandingan kandangnya di stadion ini pada musim 2003-2004, karena kondisi buruk stadion mereka, Stadion Ali Sami Yen, dan hal ini dikritik tim lainnya. Galatasaray kemudian kembali ke Ali Sami Yen pada musim 2004-2005.

Final Liga Champions UEFA 2005 antara Liverpool dan AC Milan dilangsungkan di stadion ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper