Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Berpeluang Lolos ke Piala Dunia 2018, Tapi Kroasia Sudah Pecat Cacic

Kroasia memecat pelatih Ante Cacic sebagai pelatih timnas dan menunjuk Zlatko Dalic sebagai penggantinya.
Zlatko Dalic/ESPN
Zlatko Dalic/ESPN

Bisnis.com, JAKARTA - Kroasia memecat pelatih Ante Cacic sebagai pelatih timnas dan menunjuk Zlatko Dalic sebagai penggantinya, demikian pernyataan Ketua Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) Davor Suker.

Pergantian pelatih ini dilakukan pada saat yang sangat krusial di mana Kroasia akan menjalani laga penentuan melawan Ukraina untuk setidaknya memelihara peluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia dengan status runner up Grup I babak kualifikasi zona Eropa.

“Dalic menjadi pelatih baru dan akan menangani ketika menjalani pertandingan terakhir bertemu tuan rumah Ukraina,” demikian pernyataan Suker, top skor Piala Dunia 1998 di Prancis dengan enam gol, di Zagreb, ibu kota Kroasia, pada Sabtu (7/10/2017).

Pemecatan Cacic tak lepas dari kegagalan Kroasia menundukkan tim lemah Finlandia dalam matchday kesembilan babak kualifikasi pada Sabtu dini hari WIB. Laga itu berakhir 1-1 dan mengakibatkan Kroasia tertinggal 2 angka dari Islandia yang pada saat bersamaan menang 3-0 atas tuan rumah Turki.

Nilai Kroasia dan Ukraina sama-sama 17 dengan Kroasia unggul selisih gol sehingga berhak berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup I.

Hasil seri dalam pekan terakhir di kandang Ukraina yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa dini hari WIB (10/10/2017) akan menempatkan Kroasia sebagai runner up dan memelihara asa lolos ke Rusia melalui jalur play-off antartim runner up.

Sebanyak 54 negara bertarung di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Saat ini baru empat negara dari kualifikasi zona Eropa yang memastikan meraih tiket ke putaran final yakni Belgia, Inggris, Jerman, dan Spanyol, selain Rusia yang langsung lolos sebagai tuan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper