Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Piala AFF: Myanmar Menang 7-0, Ini Skenario Paling Aman Indonesia ke Semifinal

Myanmar menggasak Filipina 7-0 dalam laga Grup B Piala AFF U-18 yang berlangsung di Stadion Thuwunna di Yangon pada Senin malam (11/9/2017).
Suporter Timnas Indonesia/Antara-Wahyu Putro
Suporter Timnas Indonesia/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Myanmar berhasil menggasak Filipina dengan skor telak 7-0 dalam pertandingan lanjutan Grup B Piala AFF (Asean Football Federation) U-18 yang berlangsung di Stadion Thuwunna di Yangon pada Senin malam (11/9/2017).

Hasil itu membuat Myanmar naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup B menggeser Indonesia yang pada petang harinya kalah 0-3 dari Vietnam.

Perolehan nilai Indonesia dan Myanmar sama-sama 6, namun kemenangan telak Myanmar atas Filipina 7-0 membuat mereka unggul selisih gol dibandingkan dengan Indonesia. Selisih gol Myanmar 13, sedangkan Indonesia 7.

Meski Indonesia tergeser ke peringkat ketiga, peluang untuk lolos ke semifinal masih cukup terbuka. Di laga terakhir Grup B Myanmar akan beradu dengan Vietnam. Jika hasilnya seri atau Vietnam yang menang, Indonesia cukup menang dengan skor berapa pun atas Brunei Darussalam untuk melaju ke semifinal, karena skuat Merah Putih unggul poin.

Masalahnya, Indonesia menghadapi Brunei pada Rabu sore (13/9/2017), sedangkan Myanmar kontra Vietnam baru digelar pada malam harinya.

Oleh sebab itu, tidak ada jaminan bahwa Indonesia cukup menang selisih satu gol untuk lolos ke semifinal. Persoalannya, jika Myanmar mengalahkan Vietnam, maka perolehan nilai tiga tim Indonesia, Myanmar, dan Vietnam akan sama, sehingga harus melihat selisih gol sebagai penentu kelolosan.

Jika Myanmar menang selisih satu gol atas Vietnam, maka di klasemen akhir Myanmar yang akan unggul ketimbang Vietnam, karena keduanya memiliki selisih gol yang sama yakni 14, namun Myanmar unggul produktivitas mencetak gol.

Masalahnya, Indonesia menghadapi Brunei Rabu sore, sedangkan Myanmar kontra Vietnam baru digelar malam harinya.

Dengan kondisi seperti itu, jalan paling aman Indonesia harus menang dengan selisih delapan gol atas Brunei, mengingat selisih gol Indonesia saat ini hanya 7. Jika mampu menang dengan selisih delapan gol atas Brunei dan Myanmar menang satu gol atas Vietnam, Indonesia yang akan menjadi juara grup dengan selisih gol 15, lebih baik ketimbang Myanmar dan Vietnam yang 14.

Namun, jika Myanmar menang selisih dua gol, Indonesia cukup menjaringkan tujuh. Begitu selanjutnya, makin besar kemenangan Myanmar atas Vietnam, maka makin sedikit pula gol yang perlu dicetak ke gawang Brunei.

Hanya saja, jika Myanmar menang selisih dua gol atau lebih atas Vietnam dan Indonesia menang hanya dengan maksimal delapan gol atas Brunei, maka Garuda Muda hanya lolos sebagai runner up jika. Begitu juga jika Vietnam yang menang atau kedua pesaing itu bermain imbang.

Tapi, sekali lagi, jadwal Indonesia versus Brunei lebih dulu ketimbang Myanmar versus Vietnam, sehingga skenario paling aman ke semifinal tanpa tergantung hasil pertandingan Myhanmar versus Vietnam ialah Indonesia harus membantai Brunei dengan selisih minimal delapan gol.

Namun, juga sekali lagi, kemenangan dengan skor berapa pun atas Brunei sudah cukup mengantar skuat asuhan Indra Sjafri ke semifinal jika Myanmar gagal menaklukkan Vietnam, maksimal seri, karena Indonesia akan unggul poin ketimbang Myanmar.

Klasemen sementara Grup B (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

 Vietnam

3

3

0

0

16

1

+15

9

 Myanmar

3

2

0

1

15

2

+13

6

 Indonesia

3

2

0

1

11

4

+7

6

 Brunei Darussalam

3

1

0

2

4

17

−13

3

 Filipina

4

0

0

4

2

24

−22

0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper