Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Blunder Gimenez, Italia Habisi Uruguay 3-0

Italia menggasak Uruguay dengan skor 3-0 dalam pertandingan uji coba menjelang Pra-Piala Dunia 2018 Rusia yang berlangsung pada Kamis dini hari WIB (8/6/2017).
Para pemain Italia bersuka cita selepas Daniele de Rossi (kiri) menjebol gawang Uruguay dari titik penalti. Skor akhir 3-0 untuk Italia./Reuters-Eric Gaillard
Para pemain Italia bersuka cita selepas Daniele de Rossi (kiri) menjebol gawang Uruguay dari titik penalti. Skor akhir 3-0 untuk Italia./Reuters-Eric Gaillard

Bisnis.com, JAKARTA - Italia menggasak Uruguay dengan skor 3-0 dalam pertandingan uji coba menjelang lanjutan Pra-Piala Dunia 2018 Rusia yang berlangsung pada Kamis dini hari WIB (8/6/2017).

Dalam pertandingan di Stadion Allianz Riviera di Nice, Prancis, Italia membuka skor berkat gol bunuh diri bek Uruguay Jose Maria Gimenez pada menit ke-7.

Gol bermula dari umpan jarak jauh Lorenzo Insigne kepada Andrea Belotti yang menerobos kotak penalti Uruguay. Belotti mengontrol bola tidak sempurna dengan dada, bola disambar Gimenez, tetapi justru deras bersarang di gawang Uruguay yang dikawal kiper Fernando Muslera.

Italia lalu terus menekan dan sejumlah peluang terjadi, namun gol tambahan tak cepat tercipta. Bahkan pada menit 60, Uruguay sempat menjebol gawang Italia yang dikawal kiper Gianluigi Donnarumma, tetapi dianulir karena Martin Caceres dianggap mendorong Riccardo Montolivo sebelum menanduk bola.

Gol tambahan Italia baru datang pada menit ke-82 melalui Eder Citadin Martins yang menyontek bola dari jarak dekat atas bola yang melaju deras hasil tendangan Manolo Gabbiadini.

Adapun gol ketiga dihasilkan dari titik penalti yang dieksekusi Daniele de Rossi pada injury time. Wasit Prancis Clement Turpin menetapkan hukuman penalti setelah Gimenez melakukan kesalahan fatal kedua dalam laga itu—setelah gol bunuh diri—dengan melanggar Stephan El Shaarawy di area kotak terlarang.

Ini menjadi kekalahan kelima beruntun yang diterima Uruguay, yang kali ini tampil tanpa dua bomber Luis Suarez dan Edinson Cavani dan tak pula ada Diego Godin di barisan belakang. Sebaliknya bagi Italia, mereka tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir.

Laga ini juga menjadi pertemuan pertama kedua tim setelah terakhir Uruguay mengalahkan Italia dengan skor tipis 1-0 di fase grup Piala Dunia 2014 di Brasil yang ditandai dengan kekisruhan akibat Luis Suarez menggigit bahu bek Italia Giorgio Chiellini.

Kekalahan Italia saat itu membuat mereka gagal lolos ke babak knock out yang memaksa pelatih Cesare Prandelli dan Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Giancarlo Abete mengundurkan diri.

Pertandingan ini merupakan pemanasan menjelang Italia menjamu Liechtenstein dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa. Italia saat ini berada di peringkat kedua Grup G Pra-Piala Dunia zona Eropa di bawah Spanyol.

Hanya tim juara sembilan grup yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia. Sedangkan delapan runner up terbaik dari sembilan grup akan bertarung playoff kandang tandang untuk berebut sisa empat tiket lagi yang tersedia untuk Eropa.

Sementara itu, Uruguay saat ini menempati posisi ketiga klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di bawah Brasil—satu-satunya tim yang telah memastikan lolos ke Rusia melalui jalur kualifikasi—dan Kolombia.

Jadwal terdekat Uruguay dalam menjalani pertandingan Pra-Piala Dunia 2018 ialah menjamu tim kuat Argentina yang tengah terpuruk di posisi kelima. Laga tersebut direncanakan berlangsung pada 31 Agustus 2017.

Dari 10 tim peserta Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, empat tim yang finis teratas langsung ke Rusia, sedangkan tim yang finis di posisi kelima menjalani playoff melawan juara Pra-Piala Dunia zona Oseania yang masih diperebutkan antara Selandia Baru, Tahiti, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper