Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nacional Medellin Juara Copa Libertadores

Atletico Nacional de Medellin menjuarai Copa Libertadores setelah menundukkan wakil Ekuador Independiente del Valle 1-0 dalam laga final leg kedua.
Para pemain klub Kolombia Atletico Nacional de Medellin merayakan gelar juara Copa Libertadores 2016/Reuters-John Vizcaino
Para pemain klub Kolombia Atletico Nacional de Medellin merayakan gelar juara Copa Libertadores 2016/Reuters-John Vizcaino

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Kolombia Atletico Nacional de Medellin menjuarai Copa Libertadores, kejuaraan antarklub se-Amerika Selatan, setara dengan Liga Champions di Eropa, setelah menundukkan wakil Ekuador Independiente del Valle 1-0 dalam laga final leg kedua.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Atanasio Girardot di Kota Medellin, Kolombia, pada Kamis pagi WIB (28/7/2016), kemenangan tuan rumah ditentukan gol semata wayang yang dilesakkan Miguel Angel Borja ketika pertandingan baru memasuki menit ke-8.

Gol bermula dari umpan chip ke kotak penalti yag dilepas Macnelly Torres yang segera disambar dengan tendangan keras Borja yang sulit ditepis kiper tim tamu, Librado Azcona. Itu menjadi gol kelima Borja dalam empat pertandingan terakhir.

Dengan kemenangan tipis tersebut, Nacional Medellin menang dengan skor agregat 2-1, karena dalam pertandingan leg pertama di Quito, Ekuador, pekan lalu kedua tim berbagi skor imbang 1-1.

Ini merupakan gelar kedua Nacional Medellin sepanjang sejarah Copa Libertadores. Klub yang kini diasuh pelatih Reinaldo Rueda tersebut pernah merasakan titel juara Copa Libertadores edisi 1989.

Nacional Medellin juga pernah masuk final edisi 1995, namun takluk dengan skor agregat 1-3 dalam laga dua leg dari klub Brasil, Gremio.

Klub berjuluk El Verde alias Si Hijau itu juga menerobos empat besar tiga kali beruntun. Setelah juara pada edisi 1989, Nacional Medellin juga melaju hingga semifinal Copa Libertadores 2 tahun berikutnya secara berturut-turut.

Namun, pada edisi 1990 mereka kalah 1-2 di semifinal dari klub Paraguay Olimpia melalui adu penalti setelah laga dua leg imbang 4-4 dan setahun kemudian juga gagal di semifinal, lagi-lagi dikalahkan Olimpia, kali ini dengan skor agregat 0-1.

Adapun bagi Independiente del Valle, yang ditukangi pelatih berkebangsaan Uruguay, Pablo Repetto, baru kali ini mampu menerobos hingga partai puncak di pentas Copa Libertadores.

Kemenangan itu menjadikan untuk pertama kalinya klub-klub Kolombia menguasai dua turnamen antarklub se-Amerika Selatan.

Saat ini Santa Fe memegang gelar juara Copa Sudamericana 2015. Copa Sudamericana selalu digelar pada semester kedua setiap tahun dan merupakan turnamen antarklub level kedua yang dikelola Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan setelah Copa Libertadores.

Mengomentari kemenangan tersebut, bek Nacional Medellin Daniel Bocanegra menegaskan timnya layak meraih gelar juara. “Ini impian yang menjadi kenyataan dan kini kami menuju Piala Dunia Antar-Klub dan itu sangatlah penting.”

Piala Dunia Antar-Klub edisi tahun ini akan berlangsung di Jepang yang dijadwalkan digelar pada Desember mendatang. Nacional Medellin diunggulkan dalam turnamen tersebut dan langsung masuk semifinal bersama juara Liga Champions Eropa Real Madrid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper