Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shin Tae-yong Dilirik Tim Lain, Erick Thohir Tetap Profesional

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyikapi rumor ketertarikan tim lain terhadap Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, dengan profesional.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyikapi ketertarikan negara lain terhadap Shin Tae-yong dengan profesional./PSSI.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyikapi ketertarikan negara lain terhadap Shin Tae-yong dengan profesional./PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyikapi rumor ketertarikan tim lain terhadap Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, dengan profesional.

Erick Thohir mengedepankan prinsip profesionalisme menanggapi prestasi Timnas Indonesia yang untuk pertama kali lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

Kini Timnas Indonesia menyongsong turnamen berikutnya, Piala Asia U-23 juga di Qatar pada April 2024.

Erick berharap Shin Tae-yong mampu membawa Timnas U-23 Indonesia lolos ke 8 besar atau perempat final turnamen yang berlangsung 15 April - 3 Mei 2024 itu.

Terkait ketertarikan negara lain terhadap Shin Tae-yong, Erick menegaskan dirinya akan bersikap profesional.

Erick juga meyakini bahwa Shin Tae-yong akan menghormati kontraknya dan bersikap profesional.

"Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Kesepakatan saya dan Shin Tae-yong yang kontraknya habis Juni nanti, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U-23," kata Erick Thohir di Bali, Selasa (30/1/2024).

Setelah 2 target itu tercapai, PSSI dan Shin akan duduk bersama membahas negosiasi kontrak baru yang dirancang hingga 2027.

"Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027," ucap dia.

Erick menyatakan, meski sejauh ini puas dengan kinerja STY, pihaknya harus memasang target prestasi di level Asia kepada pelatih yang sudah menangani Indonesia sejak 2019 itu.

"Oleh karenanya di Piala Asia U-23, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U-23 kita masuk dalam skuad timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi Shin untuk membuat kejutan," ujar Erick.

Tercatat dari 26 pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, terdapat 11 pemain U-23.

Tak hanya itu, sebanyak 5-6 pemain U-23 kerap jadi starter seperti Ernando Ari, Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Rafael Struick.

"Berkaca dari Piala Asia kemarin, kita kekurangan goal getter. Lihat bagaimana Australia kemarin. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas Shin untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai," katanya.

Di Piala Asia U-23 nanti, Indonesia bergabung di Grup A yang terdiri dari tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

Turnamen yang diikuti 16 negara yang dibagi dalam 4 grup itu hanya akan meloloskan peringkat pertama dan kedua setiap grup untuk langsung bertanding di babak knockout.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper