Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBVSI Bongkar Alasan Rival Nurmulki Menghilang dari Skuad Asian Games 2023

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) membeberkan alasan tak membawa Rivan Nurmulki ke Asian Games 2023.
PBVSI ungkap alasan Rivan Nurmulki absen di Asian Games 2023/AVC.
PBVSI ungkap alasan Rivan Nurmulki absen di Asian Games 2023/AVC.

Bisnis.com, SOLO - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) membeberkan alasan tak membawa Rivan Nurmulki ke Asian Games 2023.

PBVSI menggelar mediasi bersama Rivan Nurmulki dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Senin (11/9/2023).

Dalam pertemuan itu, terungkap alasan mengapa Rivan tak masuk dalam skuad timnas voli Indonesia untuk Asian Games 2023.

Dewan Pengawas Pengurus Pusat (PP) PBVSI Bambang Suedi mengatakan bahwa kejadian ini sudah bermula sejak Kejuaraan Voli Asia 2023 di Iran pada Agustus lalu.

"Waktu mau berangkat ke Iran [Kejuaraan Voli Asia 2023], dia [Rivan] tidak mau karena alasannya tidak cocok dengan tim pelatih dan yang kedua istrinya mau melahirkan, ketiga dia sedang menjalani sidang kode etik di kepolisian," ucap Bambang Suedi kepada wartawan.

Selain itu, Rivan juga main untuk tim Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) dalam ajang Kapolri Cup 2023, yang berakhir awal September ini.

"Sedangkan dalam aturan AD/ART, pemain timnas tidak boleh main di situ karena persiapan Asian Games. Tetapi, ternyata dia main," ucap Bambang.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo bahkan sampai menelepon Kapolda Kaltim untuk menegaskan bahwa Rivan tak boleh ikut serta dalam turnamen tersebut.

PBVSI menilai Rivan telah berbohong dan federasi pun mengambil sikap untuk mencoret pemain 28 tahun itu dari skuad Asian Games 2023.

Soal sanksi yang akan diterima Rivan, Bambang menyebut hukuman akan diputuskan melalui mediasi lagi di PBVSI.

"Sanksinya nanti, tapi jangan sampai memutus kariernya karena kami butuh dia. Sanksi terberatnya paling tidak boleh main satu tahun di timnas," ucap Bambang.

Tanpa Rivan, timnas voli Indonesia berkekuatan 12 pemain untuk tampil di Asian Games 2023 yang berlangsung pada 19-26 September di Hangzhou, China.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup F Asian Games 2023 bersama Filipina, Afghanistan dan tim kuat Jepang.

Laga pertama timnas voli Indonesia adalah dengan melawan Filipina, Selasa (19/9/2023), dilanjutkan dengan Jepang, Rabu (20/9/2023), dan ditutup melawan Afghanistan, Kamis (21/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper