Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naturalisasi Jay Idzes, Ketum PSSI Ingin Hadirkan Pemain Terbaik di Piala Asia

Timnas Indonesia sebelumnya telah menaturalisasi, seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick. Kini Jay Idzes jadi incaran.
Ketum PSSI, Erick Thohir/PSSI
Ketum PSSI, Erick Thohir/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan alasan mengapa pihaknya mencoba merekrut Jay Idzes untuk dapat memperkuat tim nasional Indonesia.

Idzes yang merupakan bek kelahiran Belanda, dua hari silam merapat ke Indonesia. PSSI mendatangkan pemain Venezia itu untuk menjalankan proses administrasi untuk dapat dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Timnas Indonesia sebelumnya telah mengamankan jasa sejumlah pemain naturalisasi, seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Selain mereka, masih ada pula Elkan Baggott yang bukan berstatus naturalisasi, karena ia memilih untuk menjadi WNI saat masih berusia 18 tahun.

"Kami akan membangun yang terbaik, dari siapapun yang mengaku merah putih atau ingin merah putih, apakah pemain yang ada di Indonesia atau pemain keturunan yang terpanggil, saya berharap penambahan kekuatan tim nasional menjadi sebuah keberlanjutan," ucap Erick saat ditemui di Stadion Madya, Jakarta, Jumat.

Jay yang saat ini berusia 23 tahun dapat bermain di sejumlah posisi. Selain menjadi bek tengah, Jay juga dapat bermain di posisi gelandang bertahan, dan gelandang tengah.

Saat ditanyai mengenai siapa yang memberikan rekomendasi untuk mendekati Jay, Erick tidak memberikan informasi tersurat tentang sosok yang merekomendasikan sang pemain.

"Ketua Umum PSSI lumayan lah (jaringannya), jadi ya kami punya jaringan bagus, tetapi dari pihak Kemenpora punya scouting, coach Shin (Tae-yong) punya, ya bagus, sama-sama. Kadang-kadang ada juga yang tidak terlihat, karena data banyak di mana-mana, ini sinergitas," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Jika berhasil dinaturalisasi, Erick menyatakan bahwa Jay kemungkinan akan turut memperkuat timnas Indonesia pada Piala Asia 2024 yang akan berlangsung awal tahun depan.

Pada Piala Asia 2024, Indonesia menghuni Grup D bersama Jepang, Irak, dan negara Asia Tenggara lainnya Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper