Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Piala Sudirman 2023, Indonesia vs Kanada di Laga Pembuka

Tim bulu tangkis Indonesia akan melawan Kanada di penyisihan Grup B, Senin (15/5/2023), di Indoor Arena, Kompleks Suzhou Olympic Sports Centre.
Ganda putri, dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto/PBSI
Ganda putri, dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA -- Tim bulu tangkis Indonesia sangat siap melakoni laga pembuka perebutan Piala Sudirman 2023.

Tim bulu tangkis Indonesia akan melawan Kanada di penyisihan Grup B, Senin (15/5/2023) pukul 10.00 waktu setempat. Laga di Indoor Arena, Kompleks Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China.

Setelah memenangi Piala Sudirman pada edisi perdana tahun 1989 di Jakarta, hingga edisi ke-17 di Vantaa, Finlandia 2021, Indonesia belum pernah lagi juara. Tak heran, penantian panjang selama 34 tahun ingin diakhiri pada gelaran edisi ke-18 kali ini.

Manajer tim Piala Sudirman Indonesia, Armand Darmadji menyebut bahwa Fajar Alfian dan tim pun sedemikian serius mempersiapkan diri dalam sesi latihan hari ketiga pada Minggu (14/5/2023). Latihan selama hampir tiga jam di practice hall Suzhou Olympic Sports Centre begitu penting untuk menghadapi Kanada.

"Pertandingan besok lawan Kanada itu adalah ujian pertama bagi kita. Semoga latihan terakhir ini berguna untuk bekal menghadapi pertandingan besok," tuturnya.

Armand pun menuturkan saat melawan Kanada, semua pemain harus tega. Tidak boleh ada rasa belas kasihan kepada lawan. Pemain juga diingatkan jangan pernah memandang remeh lawan.

"Ini partai penting yang bakal menentukan nasib perjalanan selanjutnya tim Indonesia. Jadi jangan sekali-kali memandang remeh lawan. Kalau perlu diberi nol, ya kasih nol saja," ujarnya.

Sesuai regulasi, penentuan nama pemain yang bakal diterjunkan melawan Kanada, paling lambat baru diserahkan empat jam sebelum pertandingan. Dengan jadwal Indonesia lawan Kanada akan digelar Senin (15/5) jam 10.00 waktu setempat, maka susunan nama tim Garuda harus diserahkan ke panitia paling lambat jam 6 pagi.

Kesiapan menghadapi Kanada juga sudah dirasakan pada latihan ini. Menurut pelatih ganda campuran Amon Sunaryo, latihan di hari ketiga ini akan dimaksimalkan. Ini karena untuk memantapkan persiapan terakhir menjelang pertandingan lawan Kanada.

"Semua pemain sudah siap untuk diturunkan. Latihan ini juga agar persiapannya lebih mantap saja," kata Amon.

Ribka Sugiarto, pemain ganda putri, juga menyatakan siap jika ditunjuk untuk dimainkan melawan Kanada. Dari hari ke hari di Suzhou, persiapannnya juga dinilainya makin bagus dan performanya meningkat.

"Latihannya harus semangat dan terus tambah semangat. Kalau dipilih, tentu saya sangat siap untuk menyumbangkan poin bagi Indonesia. Ini sekaligus membuktikan saya layak masuk tim Piala Sudirman ini," ujar Ribka yang berpasangan dengan Lanny Tria Mayasari.

Pemain tunggal putri Putri Kusuma Wardani pun menyebut dirinya juga siap ditampilkan. Diakuinya, persiapannya juga bagus. Dia bisa melahap porsi pelatih dengan optimal.

"Kondisi saya termasuk baik di sini. Latihannya juga baik. Saya selalu semangat dan tidak sabar untuk bertanding. Kalau dipercaya tampil, saya ingin menunjukkan kemampuan dan menyumbangkan angka untuk Indonesia," tegas Putri KW.

Pitha Haningtyas Mentari pun mengaku siap jika diturunkan bertanding lawan Kanada. Pemain ganda campuran ini menyebut dirinya dalam kondisi prima dan tidak ada cedera.

"Alhamdulillah, kondisi saya oke. Seandainya dipercaya turun, pasti saya dan Rinov Rivaldy akan siap menampilkan permainan terbaik," ujar Tari, sapaan akrab Pitha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper