Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Klaim Pengamanan Laga Indonesia vs Kamboja Sudah Standar FIFA

Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Saufi Salamun mengatakan, sebanyak 1.394 personel diturunkan untuk mengamankan laga Grup A Piala AFF 2022.
Pertandingan Indonesia vs Kamboja dalam Piala AFF 2022/Bisnis
Pertandingan Indonesia vs Kamboja dalam Piala AFF 2022/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Saufi Salamun mengatakan, sebanyak 1.394 personel diturunkan untuk mengamankan laga Grup A Piala AFF 2022 Indonesia versus Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat.

"Itu merupakan personel gabungan termasuk dari TNI yang menurunkan saru kompi atau 100 pasukan," ujar Saufi kepada ANTARA di SUGBK Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, protokol keamanan pada pertandingan tersebut disesuaikan dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Sesuai regulasi yang dikeluarkan menyusul peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, itu, polisi hanya akan ditempatkan di luar stadion.

Di area lapangan nantinya cuma ada pengamanan sipil (steward) yang berasal dari PSSI dan pengelola kawasan Gelora Bung Karno.

"Kami sudah menyesuaikan dengan Perpol terbaru dan standar FIFA," tutur Saufi.

Selain itu, polisi juga menyiapkan sarana pendukung seperti ambulans, pemadam kebakaran dan beberapa kendaraan taktis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertandingan Indonesia kontra Kamboja, yang menjadi laga sepak bola dengan penonton pertama di Indonesia usai peristiwa di Stadion Kanjuruhan, akan berlangsung mulai pukul 16.30 WIB.

Sesuai hasil rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan termasuk Polri, PSSI hanya menyediakan sekitar 25.000 tiket untuk para penonton yang ingin menyaksikan langsung laga itu di SUGBK.

Adapun kapasitas maksimal SUGBK adalah di kisaran 77.000 penonton.

Rencananya, Presiden Joko Widodo serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akan menyaksikan langsung pertandingan Indonesia melawan Kamboja tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper