Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Scaloni, Pelatih Termuda Piala Dunia 2022 yang Berhasil Bawa Argentina ke Final

Kesuksesan tim Tango melaju ke babak Final Piala Dunia 2022 tidak lepas dari tangan dingin pelatih mereka yaitu Lionel Scaloni.
Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni/Reuters-Luisa Gonzalez
Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni/Reuters-Luisa Gonzalez

Bisnis.com, JAKARTA - Argentina berhasil menembus Final keenam mereka selama keikutsertaan tim Tango di turnamen sepak
bola Piala Dunia.

Kepastian Argentina mencapai laga puncak setalah pada dini hari tadi, Lionel Messi Cs berhasil menekuk lutut runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia dengan skor 3-0 di stadion Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022).

Kesuksesan tim Tango melaju ke babak Final Piala Dunia 2022 tidak lepas dari tangan dingin pelatih mereka yaitu Lionel Scaloni. Diketahui, mantan pemain Atalanta ini menjadi pelatih termuda dalam ajang Piala Dunia 2022 ini.

Melansir dari Sky Sport, Scaloni merupakan pria yang lahir di Argentina pada tanggal 16 Mei 1978 atau saat ini umurnya masih berusia 44 tahun.

Secara karir sepak bola, pria bertinggi badan 182 cm ini melakoni debut seniornya pasa musim 1995/96 di klub Newell’s Old Boys. Kenaikan performa dari Scaloni terjadi saat dirinya diboyong oleh klub asal Spanyol yaitu Deportivo La Coruna.

Bersama Deportivo La Coruna, Scaloni tampil baik menjaga sisi pertahanan dari tim tersebut. Puncaknya, pada tahun 2006, dirinya dipanggil untuk menjalani Piala Dunia. Lalu, yang menjadi menarik adalah, saat bermain untuk tim Tango di tahun 2006, Scaloni bermain bersama anak asuhnya saat ini yaitu Lionel Messi.

Sayangnya, pada Piala Dunia edisi tahun 2006, Argentina harus takluk dari tuan rumah Jerman di babak Perempat Final lewat drama tendangan adu penalti.

Setelah cukup lama malang melintang sebagai pemain sepak bola, mantan bek Lazio ini akhirnya gantung sepatu dan memutuskan untuk mengambil kursus kepelatihan.

Pada tahun 2017 dirinya menjadi assiten dari Jorge Sampaoli di Sevilla. Setelah menjadi assiten di Sevilla, tak selang berapa lama dirinya ditarik oleh Sampaoli untuk menjadi assitenmya di timnas Argentina.

Namun, kegagalan Argentina di Piala Dunia 2022 membuat Sampaoli mundur dari kursi kepelatihan. Bukan ikut mundur, Scaloni malah mendapat tempat sementara di timnas Argentina bersama Pablo Aimar dan malah menjadi pelatih utama Argentina jelang Copa America 2019.

Bersama tim Tango, Scaloni berhasil mempersembahkan gelar Copa America untuk Argentina pada tahun lalu dan setahun setelahnya membawa tim Tango ke Final Piala Dunia 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper