Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi, Pemerintah Izinkan Liga 1 Bergulir Lagi Usai Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengonfirmasi izin pelaksanaan Liga 1 2022-2023.
Rekap hasil dan klasemen Liga 1 2022-2023/Liga Indonesia
Rekap hasil dan klasemen Liga 1 2022-2023/Liga Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengonfirmasi izin pelaksanaan Liga 1 2022-2023.

Pemerintah secara resmi telah mengizinkan kompetisi Liga 1 2022-2023 untuk dilanjutkan pada hari ini, Senin (5/12/2022).

Pengumuman itu disampaikan setelah digelar pertemuan Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo di kantor Kemenkopolhukam, Senin (5/12/2022).

Kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 sempat dihentikan karena tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu yang menewaskan sebanyak 136 orang dan ratusan orang luka-luka.

"Liga dilanjutkan jadwal telah ditentukan dan PSSI akan mengendalikan ini. Bapak Kapolri sudah jamin segi-segi keamanannya. Sepak bola ini diizinkan tanpa penonton," kata Mahfud MD dalam keterangan pers.

Meski memberikan izin untuk Liga 1 bergulir lagi, Mahfud MD mengingatkan PSSI untuk terus melakukan transformasi sepak bola Indonesia.

Menurut Mahfud rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) sudah ditindaklanjuti. Dalam hal keamanan, Polri sudah menerbitkan Peraturan Polisi (Perpol) tentang pengamanan pertandingan olahraga.

"Stadion-stadion sudah dibangun direnovasi agar memenuhi standar internasional. Proses hukum berjalan sesuai aturan yang berlaku," kata Mahfud.

Menpora, Zainudin Amali mengatakan, kompetisi Liga 1 sangat dibutuhkan untuk timnas Indonesia. Apalagi sebentar lagi tim Garuda akan berlaga di Piala AFF 2022 dan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Liga atau kompetisi dilanjutkan, atas koordinasi dengan pihak Polri, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan panduan sangat ketat," kata Menpora Amali.

Di sisi lain, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sejak awal pihaknya mendukung olahraga di Indonesia khususnya sepak bola.

"Terkait dengan adanya insiden di Kanjuruhan. Ada perintah dari Presiden evaluasi tuntas baik penyelenggaraan, kesiapan sistem keamanan stadion," kata Listyo.

"Khusus Polri beberapa waktu lalu kami mengeluarkan Peraturan Polisi nomor 10 tahun 2022. Mengatur khusus di dalammya soal sepak bola. Di dalamnya ada perbaikan baik sistem evaluasi perizinan dan metode kesiapan rangkaian keamanan dari sebelum, saat dan setelah," tutur dia.

Sementara itu, hari ini ada tiga pertandingan Liga 1 yang digelar yaitu, Bhayangkara FC vs PSS Sleman di Stadion Jatidiri Semarang, kemudian Madura United vs PSIS Semarang di Stadion Manahan Solo, dan PSM Makassar vs Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung Bantul. Lanjutan Liga 1 digelar dengan format bubble dan tanpa penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper