Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontroversi Wasit Polandia vs Argentina Nanti Malam, Pernah Dihujat di Medsos

Mengenal Danny Makkelie, wasit pertandingan Polandia vs Argentina pada Kamis (1/12/2022) dini hari nanti.
Wasit FIFA Danny Makkelie/The Sun
Wasit FIFA Danny Makkelie/The Sun

Bisnis.com, SOLO - Danny Makkelie akan memimpin pertandingan antara Polandia vs Argentina pada Kamis (1/12/2022) dini hari.

Polandia akan berhadapan dengan Argentina di Stadion 974, Doha, Kamis dini hari WIB, untuk memperebutkan tiket 16 besar Piala Dunia 2022.

Melansir dari FIFA, Danny Makkelie akan ditemani oleh Jan de Vries dan Hessel Steegstra. Sementara itu, Said Martinez akan bertugas sebagai ofisial keempat.

Wasit asal Belanda tersebut telah tercatat sebagai pengadil FIFA sejak 2011. Sepak terjangnya yang mumpuni pun tak luput dari kontroversi.

Pada turnamen Piala Eropa 2020 yang diselenggarakan tahun lalu, Makkelie menjadi sasaran hujatan di media sosial oleh netizen.

Warganet menyerang Makkelie setelah dirinya memberikan penalti kepada Inggris saat melawan Denmark di semifinal.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London, tersebut, Makkelie memberikan penalti kepada Inggris pada menit ke-104 babak extra time setelah Raheem Sterling dilanggar Joakim Maehle di dalam kotak terlarang.

Padahal, dalam tayangan ulang terlihat bahwa Maehle melakukan sentuhan ringan terhadap Sterling.

Makkelie pun melihat Video Assistant Referee (VAR) untuk meninjau insiden tersebut, dan tetap berpegang pada keputusan akhir dengan memberikan tendangan penalti kepada Inggris yang akhirnya menang 2-1 atas Denmark.

Meski menjadi sasaran hujatan warganet, Makkelie mendapat pembelaan dari Ketua Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti.

Rosetti menilai putusan Makkelie memberikan penalti kepada Inggris saat itu adalah hal yang benar.

Selain itu, Makkelie menjadi wasit pertama yang mengeluarkan pemain menggunakan VAR, setelah dia mengubah keputusan kartu kuningnya menjadi pengusiran dalam pertandingan Piala KNVB pada tahun 2016.

Dia juga terlibat dalam salah satu penggunaan VAR yang paling terkenal dan kontroversial ketika memimpin final Piala Super Belanda antara Feyenoord dan Vitesse.

Selama pertandingan itu, Feyenoord melihat gol dianulir dan penalti diberikan kepada Vitesse sebagai gantinya setelah tinjauan VAR.

Danny Makkelie ternyata juga berprofesi sebagai inspektur polisi di Rotterdam. Ia juga memiliki kesibukan lain sebagai pelatih wasit di Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper