Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Qatar dan Iran Tersingkir, Bagaimana Kans Wakil Asia Lain Lolos ke-16 Besar?

Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan adalah wakil Asia yang masih memiliki peluang untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Bagaimana kansnya?
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 30 November 2022  |  08:32 WIB
Qatar dan Iran Tersingkir, Bagaimana Kans Wakil Asia Lain Lolos ke-16 Besar?
Striker Timnas Korea Selatan memakai topeng di Piala Dunia 2022 - India today
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Qatar dan Iran dipastikan tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022 setelah kalah di pertandingan terakhir Grup A dan Grup B. Lantas, bagaimana kans wakil Asia lainnya untuk lolos ke fase 16 besar?

Qatar sebenarnya sudah dipastikan tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022 ketika kalah melawan Senegal dengan skor 1-3. Pada pertandingan terakhirnya melawan Belanda di Stadion Al Bayt pukul 22.00 WIB (29/11/2022), Qatar yang harusnya bermain lepas, kembali kalah dengan skor 0-2.

Dengan hasil tersebut, Qatar berada di juru kunci Grup A dan tidak berhasil mendapatkan satu poin pun.

Menyusul Qatar, Iran menjadi wakil Asia kedua yang dipastikan tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022. Iran kalah dari Amerika Serikat (AS) dengan skor 0-1 pada laga terakhir Grup B di Al Thumama Stadium, pada Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Iran berada di klasemen ketiga Grup B dengan raihan poin 3 hasil kemenangannya melawan Wales dengan skor 2-0.

Sementara, wakil Asia lainnya yang tersisa adalah Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan.

Arab Saudi yang tampil heroik ketika mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 dipaksa kalah ketika menghadapi Polandia dengan skor 2-0.

Pada pertandingan terakhir di Grup C, Arab Saudi akan melawan Meksiko di Lusail Stadium pada Kamis (1/12/2022) dini hari. Pertandingan ini menjadi ajang penentuan lolos atau tersingkirnya Arab Saudi dari fase 16 besar Piala Dunia 2022.

Hingga saat ini, Arab Saudi berada di klasemen ketiga dengan raihan poin 3. Arab Saudi berada di bawah Argentina yang sama-sama meraih poin 3. Namun, beda selisih gol dengan Argentina.

Berdasarkan skenarionya, apabila menang melawan Meksiko, sementara pada pertandingan lainnya Polandia menang melawan Argentina, maka Arab Saudi bisa lolos menemani Polandia. Sementara, jika Argentina yang menang melawan Polandia, Arab Saudi menemani Argentina.

Jika imbang lawan Meksiko, sementara Argentina kalah, maka Arab Saudi masih bisa lolos ke 16 besar menemani Polandia.

Pelatih Arab Saudi Herve Renard telah mengeluarkan seruan kepada para pemainnya untuk memenangkan laga melawan Meksiko.

"Arab Saudi memiliki generasi yang bagus, dan satu-satunya saat tim ini lolos ke babak 16 besar adalah pada 1994. Jadi, jika para pemain ingin fans mengingat mereka, mereka harus menulis sejarah atau mereka akan dilupakan dalam 30 tahun," ungkapnya dikutip dari ESPN pada Rabu (30/11/2022).

Tim Asia lainnya Jepang akan menghadapi tim kuat asal Eropa, yakni Spanyol di pertandingan terakhir Grup E. Pertandingan itu juga mengharuskan Jepang menang melawan Spanyol.

Saat ini Jepang menempati klasemen kedua dengan mengoleksi poin 3. Di bawah Jepang ada Kosta Rika yang mengoleksi poin sama 3. Kemudian, Jerman di posisi terakhir dan baru mengoleksi poin 1.

Selain itu, tim Asia Korea Selatan akan menghadapi lawan tangguh yakni Portugal yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Pertandingan tersebut mengharuskan Korea Selatan menang.

Namun, Korea Selatan belum tentu lolos meski menang lawan Portugal, tergantung hasil pertandingan antara Uruguay melawan Ghana.

Saat ini Korea Selatan berada di klasemen ketiga dengan raihan 1 poin. Portugal menjadi juara grup sementara dengan raihan 6 poin hasil kemenangan melawan Ghana dan Uruguay.

Sementara Ghana mempunyai poin 3 hasil menang Melawan Korea Selatan. Di posisi terakhir ada Uruguay dengan raihan sama dengan Korea Selatan 1 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top