Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 6 Negara Eropa yang Tidak Lolos Piala Dunia 2022, Ada Italia

Piala Dunia menjadi turnamen sepak bola dunia yang paling dinanti. Sayangnya, ada sejumlah negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022. Berikut daftarnya.
Italia jadi salah satu negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022/Bloomberg.
Italia jadi salah satu negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022/Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak negara dari Asia, Afrika, Eropa, Amerika Selatan, Utara, Tengah, dan Karibia yang mendapatkan slot untuk bisa bermain di Piala Dunia.

Beberapa negara dari Benua Eropa yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 antara lain Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Inggris, Spanyol, Serbia, Swiss, dan Wales. Lantas, apa saja negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini. 

Beberapa Negara Eropa Yang Tidak Lolos Piala Dunia 2022

Piala Dunia atau FIFA World Cup dikenal sebagai pertandingan sepak bola tingkat Internasional yang diikuti oleh pemain nasional dari negara anggota FIFA. Piala Dunia biasa terselenggara 4 tahun sekali. Negara-negara yang telah menang dari babak kualifikasi dapat dinyatakan berhak bermain di pertandingan Piala Dunia 2022. 

Negara yang dapat berhak bermain di Piala Dunia 2022 adalah negara yang telah berhasil menang di dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Jika tidak lolos, maka negara tersebut dianggap gagal mengikuti Piala Dunia 2022. Berikut ini negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022.  

1. Italia

Italia menjadi juara dari Piala Eropa 2020 yang terselenggara tahun 2021. Pemain mereka seperti Jorginho, Federico Chiesa, Ciro Immobile, dan Nicolo Barella dianggap sebagai pemain kuat yang dapat mengantarkan Italia merebut Piala Dunia 2022.

Namun tidak disangka-sangka, Italia kalah dari Swiss di babak kualifikasi sehingga harus menempuh jalur play-off. Di babak semifinal play-off, Italia dikalahkan oleh Makedonia Utara dengan skor 0-1. 

2. Swedia

Selanjutnya, negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022 adalah Swedia. Padahal, Swedia memiliki pemain-pemain andalan, seperti Victor Lindelof, Anthony Elanga, Emil Forsberg, dan Robin Olsen yang dianggap bisa memberikan tiket Piala Dunia 2022 di Qatar.

Di babak semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022, Swedia telah berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 1-0. Namun saat di babak final, Swedia malah dikalahkan oleh Polandia dengan skor 0-2.

3. Ukraina

Ukraina dinilai sebagai salah satu negara yang punya potensi di ajang Piala Dunia. Ukraina memiliki pemain andalan, seperti Oleksandr Zinchenko, Andriy Lunin, Andriy Yarmolenk yang dianggap mampu membawa Ukraina merebut tiket Piala Dunia 2022 di Qatar. Kenyataannya, mereka tidak lolos Piala Dunia 2022 lantaran kalah dari Wales di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 0-1.

4. Hungaria

Pemain Hungaria seperti Attila Szalai, Adam Lang, Dominik Szoboszlai, dan Roland Sallai dapat dikatakan sebagai pemain andalan yang diprediksi mampu membawa Hungaria merebut tiket Piala Dunia 2022 di Qatar. Di luar ekspektasi, Hungaria malah menjadi salah satu negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022 karena hanya berhasil menempati posisi keempat pada klasemen Grup I babak klasifikasi.

5. Norwegia

Norwegia dianggap mampu meraih tiket Piala Dunia 2022 karena memiliki beberapa pemain muda berbakat seperti Martin Odegaard dan Erling Haaland. Akan tetapi, Norwegia gagal mendapatkan tiket Piala Dunia 2022 karena kalah dari Ghana pada babak playoff.

6. Republik Ceko

Republik Ceko kerap kali menjadi kuda hitam di edisi Piala Dunia. Namun, pada edisi Piala Dunia 2022, Republik Ceko dinyatakan tidak lolos Piala Dunia sebab telah kalah telak dari Swiss di babak playoff.

Itulah beberapa negara Eropa yang tidak lolos Piala Dunia 2022. Meskipun demikian, absennya negara-negara di atas tidak menyurutkan semangat dan keseruan laga di ajang bergengsi sepak bola dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper