Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Keppres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Sudah Terbit

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut bahwa Keputusan Presiden (Keppres) soal naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah terbit.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 10 November 2022  |  14:59 WIB
Keppres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Sudah Terbit
Dua calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat - PSSI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut bahwa Keputusan Presiden (Keppres) soal naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah terbit.

Menpora Zainudin Amali mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh, Rabu (9/11/2022).

Presiden Jokowi menerbitkan Keppres Nomor 5 Tahun 2022 dan Keppres Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pewarganegaraan (Naturalisasi) dua calon pemain timnas Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat.

"Saya baru saja menerima Keppres tentang Jordi Amat dan Sandy Walsh, itu sudah ditandatangani (Presiden Jokowi), tinggal proses sumpahnya," kata Menpora Zainudin Amali dilansir dari laman Kemenpora.

Meski Keppres untuk naturalisasi Sandy dan Jordi sudah keluar, Amali mengatakan bahwa kedua pemain itu harus memenuhi persyaratan lain.

"Jadi kalau untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah ada (Keppres). Itu kemudian ada persyaratan lain yang harus dikroscek dan lain sebagainya. Tapi Keppresnya sudah keluar," tutur Menpora Amali.

Kini Sandy dan Jordi tinggal menjalani agenda pengambilan sumpah sebelum akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Terkait pengambilan sumpah kedua calon pemain timnas tersebut, Menpora Amali menyebutkan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Namun untuk waktu pastinya akan ditentukan oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) sebagai pihak yang berwenang dalam pengambilan sumpah pewarganegaraan.

"Itu wilayah Kemenkum HAM. Karena kompetisi masih jalan, dugaan saya mereka akan disumpah secara virtual, karena enggak memungkinkan mereka meninggalkan kompetisi yang sedang jalan," ujar Amali.

Selain Sandy dan Jordi, ada satu nama lagi yang akan dinaturalisasi oleh timnas Indonesia yakni Shayne Pattynama.

Terkait proses pewarganegaraan Shayne Pattynama, Amali meyakini prosesnnya akan cepat sepanjang persyaratan administrasinya terpenuhi dan lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sandy Walsh Jordi Amat naturalisasi Zainudin Amali keppres menpora
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top