Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dalih Ten Hag Baru Memainkan Ronaldo di Babak Kedua Lawan Brighton

Ronaldo baru dimainkan Ten Hag pada babak kedua saat melawan Brighton.
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo/Twitter
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Cristiano Ronaldo baru dimainkan di babak kedua saat Manchester United dikalahkan Brighton 1-2 di Old Trafford, Minggu (7/8/2022) malam. Kekalahan kandang di laga pertama Liga Inggris itu menandai debut Erik ten Hag sebagai pelatih Setan Merah.

Ten Hag menjadi bos baru United setelah era Ole Gunnar Solskjaer yang terhenti di tengah musim lalu diteruskan dengan pelatih sementara Ralf Rangnik. Pelatih asal Belanda itu pindah ke Old Trafford setelah tiga musim terakhir menangani Ajax.

Namun, laga pertama yang diharapkan bisa menjadi catatan apik Ten Hag bersama Manchester United tercoreng dengan kekalahan tim asuhannya di kandang, setelah penampilan mengesankan selama pramusim.

Dalam laga itu, Ten Hag mengambil keputusan untuk meninggalkan Ronaldo di bangku cadangan dan memainkan Christian Eriksen sebagai penyerang. Pemain baru itu diduKung Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Jadon Sancho. Keputusan itu tidak membuahkan hasil. 

Ronaldo baru dimainkan pada menit ke-53 menggantikan Fred. Dengan keluarnya Fred, Eriksen dipindahkan ke belakang, lini tengah, sehingga memungkinkan penyerang Portugal itu untuk bergerak di depan dengan Rashford dan Sancho. 

Meski tidak mencetak gol, masuknya kapten Timnas Portugal itu langsung memberikan dampak. United mampu meningkatkan dominasi penguasaan bola, tetapi mereka tak bisa membuat lima tembakan tepat sasaran. 

Keputusan untuk mengeluarkan Ronaldo dari starting XI Manchester United ketika melawan Brighton sebelumnya sudah banyak dibahas sejumlah media. 

Ten Hag berdalih hal itu karena pertimbangan kondisi kebugaran sang megabintang yang melewatkan tur pramusim dan hanya bermain 45 menit di laga terakhir pramusim melawan Rayo Vallecano yang berakhir 1-1 pekan lalu.

Namun, setelah pertandingan melawan Brighton, Ten Hag mengakui tim asuhannya bermain lebih baik setelah pemain berusia 37 tahun itu masuk ke lapangan. 

"Jelas untuk melihat (bahwa) di babak kedua kami lebih baik di lini tengah dengan Eriksen turun dan Ronaldo naik," kata Ten Hag. "Kami menciptakan peluang dan Rashford memiliki dua peluang bagus, sayang sekali kami tidak dapat mencetak gol."

Saat Anthony Martial, penyerang tengah, dilaporkan mengalami cedera hamstring dan tidak tersedia untuk laga melawan Brighton, Ronaldo diperkirakan bakal dimainkan sebagai starter. Tetapi kenyataannya, bos baru Manchester United mengambil keputusan lain.

"Jika dia (Martial) tersedia, saya akan memainkannya," kata mantan pelatih Ajax. 

"Cristiano Ronaldo sekarang 10 hari mengikuti latihan, terlalu singkat untuk 90 menit. Itulah alasan kami tak memainkannya."

Cristiano Ronaldo mendapat sorotan publik selama musim panas ini. Pemain Portugal itu melewatkan tur pramusim karena alasan pribadi dan kemudian menyatakan ingin meninggalkan Manchester United. Salah satu alasannya adalah keinginannya bergabung dengan tim yang bermain di Liga Champions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper