Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Lolos Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022, Begini Reaksi Ma’ruf Amin

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi Indonesia lolos ke Piala Dunia Sepak Bola Amputasi (World Amputee Football Federation/WAFF) World Cup 2022 di Turki.
Wakil Presiden Maruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021)./Antara
Wakil Presiden Maruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengapresiasi Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Amputasi Indonesia yang telah dinyatakan lolos ke Piala Dunia Sepak Bola Amputasi (World Amputee Football Federation/WAFF) World Cup 2022 di Turki pada Oktober 2022.

“Keberhasilan Tim Nasional Sepak Bola Amputasi Indonesia ini menunjukkan bahwa keterbatasan kondisi fisik itu tidak menghalangi penyandang disabilitas berprestasi di bidang olahraga,” ujarnya saat menerima Perkumpulan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI) secara daring, Rabu (25/5/2022).

Ma’ruf menilai, prestasi ini sebagai hasil dari pembinaan dan pengembangan bakat atlet yang dilakukan oleh PSAI secara konsisten. Wapres pun meminta komitmen PSAI tersebut perlu terus dilanjutkan.

“PSAI diharapkan untuk terus melanjutkan komitmen dalam membina dan mengembangkan potensi atlet Sepakbola Amputasi Indonesia secara sistematis dan berkelanjutan,” katanya.

Selain itu, dia berharap prestasi tersebut dapat memotivasi masyarakat terutama para penyandang disabilitas, untuk giat berolahraga, serta menginspirasi para atlet disabilitas untuk tetap semangat berlatih dan meraih prestasi.

“Kami juga mengharapkan Tim Nasional Sepak Bola Amputasi Indonesia terus semangat, fokus berlatih walaupun dalam waktu singkat ini sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik nanti di Piala Dunia 2022,” ungkapnya.

Wapres menambahkan, hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah yang kini tengah serius menciptakan ekosistem bagi pembinaan atlet-atlet nasional agar bisa berprestasi di tingkat internasional, termasuk membangun budaya gemar berolahraga di kalangan masyarakat Indonesia.

Dukungan Pemerintah

Sebagai landasannya, telah dikeluarkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021.

“Pemerintah berkomitmen untuk fokus pada peningkatan budaya olahraga agar masyarakat menjadi sehat, kita sedang mendemamkan semangat olahraga. Kemudian melakukan pembinaan atlet, termasuk atlet penyandang disabilitas, yang dilakukan secara berjenjang, sistematis, dan berkelanjutan untuk meraih prestasi olahraga di tingkat dunia,” tuturnya.

Oleh karena itu, Wapres akan mendorong dukungan yang diperlukan para atlet Timnas PSAI untuk bertanding di Turki mendatang.

“Mengenai dukungan pemerintah, kami akan mendorong dari nanti Kementerian Olahraga dan juga dari pihak-pihak lain, termasuk dukungan dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara),” kata Ma’ruf

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina PSAI Faisal Rachman menyebut, kemenangan Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia mengalahkan Bangladesh 8-0 dan menaklukkan Malaysia 3-0. Meskipun kemudian takluk 2-0 dari Jepang di pertandingan terakhir.

Dia pun berharap pemerintah memberikan perhatian dan dukungan, baik moril maupun materil kepada Timnas PSAI.

“Dengan semangat dan dengan upaya untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia, kami berupaya untuk bisa mencapai keberangkatan ke Turki dengan melibatkan beberapa pihak,” kata Faisal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper