Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disebut Segera Gantung Sepatu, Cristiano Ronaldo: Saya yang Tentukan Kapan Pensiun!

Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, menepis anggapan sebagian kalangan bahwa dia sudah mendekati akhir kariernya sebagai pesepak bola.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  09:38 WIB
Striker Portugal, Cristiano Ronaldo - Twitter
Striker Portugal, Cristiano Ronaldo - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, menepis anggapan sebagian kalangan bahwa dia sudah mendekati akhir kariernya sebagai pesepak bola.

Cristiano Ronaldo, megabintang asal Portugal, kini sudah menginjak usia 37 tahun. Banyak pihak yang menyebut Cristiano Ronaldo akan gantung sepatu dalam waktu dekat.

Namun demikian, pemain Manchester United ini menepis semua rumor yang menyebut dirinya bakal pensiun sebentar lagi.

"Saya ditanyai pertanyaan yang itu-itu saja. Orang yang akan memutuskan masa depan saya adalah saya sendiri, bukan orang lain," kata Ronaldo dalam konferensi pers menjelang final playoff melawan Makedonia Utara di Porto, Selasa (29/3/2022) guna memperebutkan satu jatah putaran final Piala Dunia 2022.

"Seandainya saya merasa ingin terus bermain, maka saya akan terus main, jika saya tak merasa ingin terus bermain, ya saya tidak akan bermain. Saya yang memutuskan, titik," ujar Ronaldo.

Juara Euro 2016 Portugal selalu lolos dalam lima putaran final Piala Dunia terakhir, sementara turnamen besar pertama bagi Makedonia Utara adalah Euro 2020.

Ketika ditanya apakah Piala Dunia akan sama tanpa kehadiran dia, Cristiano Ronaldo menjawab bahwa Piala Dunia 2022 tidak akan sama tanpa Portugal.

"Besok itu final dan kami siap. Favorit? Saya selalu menganggap diri saya favorit, entah itu (laga) kandang atau tandang. Kami sudah tahu jika kami menang, maka kami akan melenggang ke Piala Dunia, jika kami kalah, kami tersingkir. Kami memikul tanggung jawab untuk bersikap positif dan memenangkan pertandingan ini," ucap Ronaldo

Portugal yang menang 3-1 atas Turki pada Kamis pekan lalu akan menghadapi tim yang secara mengejutkan mengalahkan Italia 1-0 di Palermo. Hasil itu sekaligus membuat timnas Italia gagal tampil di Piala Dunia 2022.

“Mereka telah mengejutkan (banyak lawan) dalam berbagai pertandingan tetapi saya yakin besok mereka tidak akan mengejutkan kami Portugal akan semakin baik dan kami akan melenggang ke Piala Dunia,” ujar eks pemain Real Madrid itu.

 Pelatih Portugal Fernando Santos sependapat dengan Ronaldo. Santos meminta anak asuhnya untuk bermain maksimal dalam laga yang menentukan nasib Portugal di Piala Dunia 2022 ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cristiano ronaldo
Editor : Taufan Bara Mukti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top