Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Vietnam vs Thailand: Menang, Thailand Selangkah Lagi ke Final

Hasil Vietnam vs Thailand dalam lanjutan babak semifinal Piala AFF 2020 leg pertama akhirnya dimenangkan Thailand.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  21:24 WIB
Hasil Vietnam vs Thailand, Gol Songkrasin Menangkan Thailand di Leg Pertama - AFF
Hasil Vietnam vs Thailand, Gol Songkrasin Menangkan Thailand di Leg Pertama - AFF

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Vietnam vs Thailand dalam lanjutan babak semifinal Piala AFF 2020 leg pertama akhirnya dimenangkan Thailand dengan skor 2-0.

Bermain di Stadion National, Kamis (23/12/2021), dua gol Tim Negeri Gajah Putih itu dicetak oleh Chanathip Songkrasin.

Gol pertama Thailand dicetak oleh Songkrasin pada menit 14 lewat serangan balik yang cepat. Gol Songkrasin ini juga  tidak lepas dari blunder pemain belakang Vietnam yang gagal menghalau umpan terobosan.

Setelah gol ini, Thailand kembali dengan taktiknya membiarkan Vietnam masuk ke dalam barisan pertahanan sambil melakukan serangan balik.

Taktik yang diusung pelatih Thailand ini rupanya berhasil dengan kembali terciptanya gol kedua.

Chanathip Songkrasin mencetak gol kedua Thailand lewat sepakan kaki kanan usai melakukan kerjasama apik antara Teerasil Dangda yang diakhiri assist dari Sarach Yooyen.

Vietnam punya peluang bagus memperkecil ketertinggalan tetapi tendangan bebas Nguyen Quang Hai membentur mistar gawang.

Hingga babak pertama berakhir, skor Vietnam vs Thailand berakhir 0-2.

Masuk di babak kedua, Vietnam tetap melakukan serangan ke lini pertahanan Thailand untuk mengejar ketertinggalan dua gol.

Nguyen Quang Hai kembali menjadi aktor serangan Vietnam. Sepakan pemain Vietnam tersebut kembali membentur mistar gawang di menit 67.

Vietnam kembali mendapat peluang di dalam kotak penalti tetapi dianggap offside oleh hakim garis. Padahal dari tayangan ulang Nguyen Quang Hai jauh dari posisi offside. Hingga menit 75, skor Vietnam vs Thailand masih 0-2.

Vietnam hampir saja mencetak gol, tapi sayang tendangan Phan Van Duc usai menerima umpan Nguyen Quang Hai melenceng tipis dari gawang Thailand.

Wasit kembali membuat keputusan kontroversi, setelah di babak pertama tidak memberikan kartu merah ke kiper Chatchai Budprom, di babak kedua malah memberikan penalti ke Thailand di menit 82 usai Do Duy Manh dianggap melakukan pelanggaran.

Tapi sayang Chanathip Songkrasin  gagal membuat hattrick karena tendangannya digagalkan kiper Tran Nguyen Manh.

Hingga pertandingan berakhir, skor Vietnam vs Thailand tetap 0-2. Tabungan gol ini membuat Thailand lebih sedikit santai di leg kedua semifinal Piala AFF karena cuma cukup bermain seri atau kalah 0-1.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Thailand vs Vietnam akan digelar 26 Desember di National Stadium.

Susunan pemain Vietnam vs Thailand:

Vietnam: Tran Nguyen Manh, Do Duy Manh, Nguyen Thành Chung, Que Ngoc Hai, Nguyen Tuan Anh, Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Hoàng Duc, Nguyen Công Phuong, Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Toàn I

Thailand: Chatchai Budprom, Manuel Bihr, Theerathon Bunmathan, Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Chanathip Songkrasin, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon, Sarach YooyenTeerasil Dangda, Supachok Sarachart

Dua negara peringkat teratas Asia Tenggara Vietnam dan Thailand akan bertarung dalam semifinal Piala AFF 2020 leg di Stadion Nasional Singapura pada Kamis (23/12/2021) malam.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo sangat menghormati lawannya dan mencoba menemukan cara untuk menghancurkan pertahanan Thailand yang solid karena baru kebobolan satu gol pun di babak penyisihan grup.

“Thailand selalu menjadi pesaing utama untuk memenangkan Piala AFF, mereka adalah tim yang kuat dengan kualitas tinggi dan sementara kami perlu menemukan solusi untuk mencoba dan mencetak gol melawan mereka, mereka juga harus menemukan cara untuk mencetak gol melawan kami,” kata pemain Korea itu. .

Park juga menyinggung fakta bahwa pelatih Thailand, Alexandre Polking, memiliki pengalaman melatih di level klub di Vietnam, di mana ia sebelumnya bertanggung jawab atas Ho Chi Minh City FC, menyatakan bahwa hal itu bisa membuat keuntungan.

“Kami tidak perlu khawatir tentang itu karena itu di masa lalu tetapi, sementara dia mungkin memahami para pemain Vietnam, kami juga memahami karakteristik tim Thailand karena kami telah bermain melawan mereka berkali-kali.”

Sementara itu Polking juga berpendapat bahwa Vietnam memiliki keunggulan yang jelas atas negara lain di turnamen.

“Saya tidak berpikir taktik saya cukup lama tetapi saya pasti melihat betapa kerasnya para pemain bekerja dan saya tahu kualitas yang mereka miliki,” kata ahli taktik Brasil.

"Namun, dengan situasi Covid, itu berarti mereka memiliki lima bulan bersama dan itu adalah situasi luar biasa yang memungkinkan mereka menguji setiap sistem dan setiap pemain.”

Menyinggung tekanan yang dihadapi kedua negara, Polking juga mengatakan dia tidak melihat alasan untuk menjauh dari filosofi menyerang tim.

“Mereka adalah juara bertahan dan kami memiliki gelar terbanyak dari negara mana pun sehingga ada tekanan besar pada kedua negara dan saya yakin itu akan menjadi pertandingan yang sangat menarik antara dua tim yang bagus."

“Kami berharap menguasai bola untuk waktu yang lebih lama dan Vietnam bertahan dengan baik, tetapi kami akan terus memainkan sepak bola menyerang, sambil berhati-hati dalam transisi, karena inilah yang bekerja dengan baik dengan para pemain yang kami miliki.”

Prediksi susunan pemain Vietnam vs Thailand:

Vietnam: Tran Nguyen Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Thành Chung, Do Duy Manh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoàng Duc, Vu Van Thanh, Nguyen Công Phuong, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc

Pelatih: Park Hang-seo

Thailand: Chatchai Budprom, Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Manuel Bihr, Theerathon Bunmathan, Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachart, Teerasil Dangda 

Pelatih Thailand: Alexandre Polking

Hasil semifinal Piala AFF 2020, Singapura vs Indonesia

Hasil semifinal Piala AFF 2020 leg pertama antara Singapura vs Indonesia, akhirnya berakhir imbang 1-1.

Bermain di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam, gol Indonesia dibuat oleh Witan Sulaeman di menit 28. Sedangkan gol balasan Singapura dibuat Ikhsan Fandi di menit 70.

Indonesia yang bertindak sebagai tim tamu bermain spartan di pertandingan ini tanpa kenal takut.

Pelatih Shin Tae-yong menginstruksikan menekan pertahanan Singapura sejak dari lini belakang lawan. Taktik ini berhasil membuat permainan Singapura tidak berkembang.

Indonesia mendapat peluang melalui Witan tetapi sepakannya tidak tepat sasaran. Singapura juga memperoleh peluang tetapi sundulan pemain Singapura hasil umpan tendangan bebas bisa ditepis kiper Nadeo.

Indonesia akhirnya bisa unggul atas Singapura lewat gol Witan. Berawal dari serangan balik, Witan bisa memanfaatkan umpan Asnawi Mangkualam dari sisi sebelah kanan. Skor Indonesia vs Singapura 1-0.

Setelah tertinggal, Singapura bermain keras. Beberapa kali pemain Indonesia diterjang pemain Singapura yang akhirnya diberi kartu kuning oleh wasit.

Hingga babak pertama berakhir, skor Singapura vs Indonesia 0-1.

Masuk di babak kedua, Singapura berbalik menekan pertahanan Indonesia untuk mengejar ketertinggalan. Sementara itu pelatih Shin memasukkan Elkan Baggott untuk memperkuat pertahanan.

Singapura terus mengurung pertahanan Indonesia. Pada menit ke-64, Singapura nyaris menyamakan kedudukan 1-1 tetapi sepakan kaki kiri Faris Ramli menyamping tipis dari gawang Indonesia yang dijaga Nadeo.

Singapura akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit 70 lewat tendangan Ikhsan Fandi usai lolos dari jebakan offside.

Safuwan Baharudin hampir membawa Singapura unggul di menit 73 tetapi sundulan Safuwan Baharudin membentur mistar gawang Nadeo.

Indonesia seharusnya mendapat penalti di menit 77 setelah Ricky Kambuaya dilanggar pemain Singapura di dalam kotak terlarang, tetapi wasit asal Korea Selatan malah memberikan tendangan bebas.

Hanis Saghara yang masuk di babak kedua melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi tendangannya bisa ditangkap kiper Singapura.

Singapura juga nyaris mencetak gol di akhir-akhir pertandingan tapi sepakan keras Amy Recha di menit 88 bisa ditepis Nadeo. Skor Singapura vs Indonesia masih 1-1.

Hingga pertandingan berakhir, skor Singapura vs Indonesia tetap imbang 1-1. Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Indonesia vs Singapura akan dilaksanakan pada 25 Desember.

Indonesia mulai bisa mengontrol jalannya pertandingan 15 menit jelang laga berakhir terutama usai Evan Dimas dimasukkan Shin Tae-yong.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong di pertandingan ini menurunkan tiga bek tengah tetapi membangkucadangkan Elkan Baggott sejak menit awal laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, Rabu malam, di Stadion Nasional, Singapura.

Tiga bek tengah yang ditempatkan Shin dalam daftar sebelas pertama yaitu Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho Ramadhani.

Di sisi kiri-kanan pertahanan ada Pratama Arhan dan sang kapten Asnawi Mangkualam. Di belakang para bek berdiri kiper Nadeo Argawinata.

Sementara di tengah ada gelandang bertahan Rachmat Irianto ditemani gelandang serang Ricky Kambuaya.

Sebagai penggedor benteng lawan, Shin menurunkan Witan Sulaeman, Irfan Jaya dan Dedik Setiawan.

Irfan merupakan pencetak gol terbanyak sementara untuk Indonesia di Piala AFF 2020 dengan tiga gol.

Di kubu Singapura, juru taktik Tatsuma Yoshida memainkan nama-nama andalan seperti Ikhsan Fandi, Irfan Fandi, Faris Ramli dan Shahdan Sulaiman.

Susunan pemain Singapura vs Indonesia:

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nazrul Nazari, Shahdan Sulaiman, Ikhsan Fandi, Faris Ramli, Hariss Harun (kapten), Song Uiyong, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Zulfahmi Arifin, Nur Adam Abdullah.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam (kapten), Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Dedik Setiawan.

Hasil head to head Vietnam vs Thailand:

Thammasat Stadium | 05 Sep 2019

Thailand

0 - 0

Vietnam
My Dinh Stadium | 19 Nov 2019
Vietnam

0 - 0

Thailand
Rajamangala National Stadium | 24 May 2015
Thailand

1 - 0

Vietnam
My Dinh Stadium | 13 Oct 2015
Vietnam

0 - 3

Thailand
DateMatchResultScoreCompetition
10 Dec 1995Thailand v VietnamL3-1South East Asian Games
16 Dec 1995Thailand v VietnamL4-0South East Asian Games
13 Sep 1996Thailand v VietnamL4-2AFF Championship
16 Oct 1997Thailand v VietnamL2-1South East Asian Games
03 Sep 1998Vietnam v ThailandW3-0AFF Championship
05 Aug 1999Vietnam v ThailandD0-0South East Asian Games
14 Aug 1999Thailand v VietnamL2-0South East Asian Games
30 Sep 2002Vietnam v ThailandL0-3Asian Games
08 Dec 2002Thailand v VietnamL2-1International Friendly
27 Dec 2002Vietnam v ThailandL0-4AFF Championship
24 Dec 2006Thailand v VietnamL2-1Kings Cup
30 Dec 2006Thailand v VietnamL3-1Kings Cup
24 Jan 2007Vietnam v ThailandL0-2AFF Championship
28 Jan 2007Thailand v VietnamD0-0AFF Championship
16 Nov 2008Vietnam v ThailandD2-2International Friendly
06 Dec 2008Thailand v VietnamL2-0AFF Championship
24 Dec 2008Thailand v VietnamW1-2AFF Championship
28 Dec 2008Vietnam v ThailandD1-1AFF Championship
30 Nov 2012Thailand v VietnamL3-1AFF Championship
24 May 2015Thailand v VietnamL1-0FIFA World Cup
13 Oct 2015Vietnam v ThailandL0-3FIFA World Cup
05 Jun 2019Thailand v VietnamW0-1Kings Cup
05 Sep 2019Thailand v VietnamD0-0FIFA World Cup
19 Nov 2019Vietnam v ThailandD0-0FIFA World Cup

Performa Terkini Vietnam dan Thailand:

Vietnam
D W W W D W
Thailand
D D W W W W

Prediksi Skor Vietnam vs Thailand:

Skor Vietnam vs Thailand: 0-1

Skor Vietnam vs Thailand: 2-1

Skor Vietnam vs Thailand: 2-2

Jadwal semfinal Piala AFF 2020, Leg Pertama, Kamis (23/12/2021):

Vietnam vs Thailand, National Stadium, Jam 19.30 WIB

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas thailand piala aff Timnas Vietnam
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top