Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besar Banget, Ini Total Uang Kompensasi Pemecatan Empat Manajer MU

Kurang dari delapan tahun, sejak Ferguson pergi, Manchester United telah berganti empat pelatih, yaitu David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, dan Solskjaer.
Jose Mourinho/Reuters-Phil Noble
Jose Mourinho/Reuters-Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United telah memecat empat pelatih sejak era Sir Alex Ferguson berakhir 2013 dengan Ole Gunnar Solskjaer yang paling baru. Pelatih Norwegia itu diberhentikan sehari setelah kekalahan 4-1 di Watford pada pekan ke-12 Liga Inggris pada Minggu, 21 November 2021.

Di zaman kepemimpinan Ferguson, Manchester United berada dalam kondisi stabil selama 27 tahun. Namun, sejak kepergiannya, akhir musim 2013, setelah mempersembahkan gelar juara Liga Inggris, Theatre of Dream goyah.

Kurang dari delapan tahun, sejak Ferguson pergi, Manchester United telah berganti empat pelatih, yaitu David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, dan Solskjaer. Jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk pemecatan mereka mencapai total 38 juta pound sterling.

Solskjaer yang merupakan mantan pemain diharapkan bisa mengikuti jejak pelatih Skotlandia itu setelah kegagalan pendahulunya, ternyata juga diberhentikan. Padahal, dia baru saja diberi kontrak tiga tahun pada musim panas.

Dalam proses pemecatan pelatih, klub mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Ketika memberhentikan Moyes pada April 2014, setelah delapan bulan menjabat, mereka harus membayar 7 juta pound sterling. Setelah pergi dari Old Traffrod, dia melatih Real Sociedad, Sunderland, dan sekarang West Ham.

Van Gaal bertahan selama dua tahun bersama Manchester United. Pelatih asal Belanda ini berhasil memenangkan Piala FA (2015-2016). Meski mempersembahkan trofi, dia dipecat setelah final karena gagal bersaing di posisi empat besar Liga Inggris. Ia dan stafnya pergi dengan pesangon 8,4 juta pound sterling.

Mourinho ditunjuk sebagai pengganti Van Gaal. Pelatih Portugal yang sebelumnya dipecat dari Chelsea setelah mantra keduanya (2013-2015) diyakini bisa membalikkan keadaan tim.

Namun, harapan itu tidak terwujud. Pada Desember 2018, Mourinho dipecat dan Setan Merah harus membayar kompensasi sangat besar, yaitu 15 juta pound sterling.

Kali ini, klub harus kembali mengeluarkan uang untuk membayar pesangon untuk Solskjaer setelah memutuskan untuk memberhentikannya di tengah musim. Sesuai klausul kontrak anyar berdurasi tiga tahun yang ditandatangani musim panas, klub membayar 7,5 juta pound sterling atau sekitar Rp 144 miliar.

Setelah pemecatan Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United tidak ingin buru-buru mencari pelatih permanen sebagai penggantinya, meski sejumlah nama disebut-sebut sebagai kandidat penggantinya. Klub akan menunjuk pelatih sementara hingga akhir musim ini. Namun, untuk sementara ini, Michael Carrick, asisten pelatih klub, yang ditugasi untuk menggantikan peran mantan bosnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper