Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditolak Unai Emery, Newcastle Kini Incar Pelatih Eddie Howe

Newcastle kini tengah mencari pelatih baru untuk menggantikan Steve Bruce yang dipecat bulan lalu. Sebelumnya, mereka menjadikan Emery sebagai kandidat utama. Namun, mantan bos Arsenal itu dikabarkan telah menolak.
Eddie Howe/Reuters-Hannah McKay
Eddie Howe/Reuters-Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA - Newcastle United dilaporkan beralih ke Eddie Howe setelah Unai Emery menyatakan akan bertahan di Villarreal. Pelatih Inggris, 43 tahun, itu tidak sedang menangani klub mana pun setelah meninggalkan Bournemouth pada Agustus 2020.

Newcastle kini tengah mencari pelatih baru untuk menggantikan Steve Bruce yang dipecat bulan lalu. Sebelumnya, mereka menjadikan Emery sebagai kandidat utama. Namun, mantan bos Arsenal itu dikabarkan telah menolak secara resmi tawaran mereka dan memutuskan tetap di Villarreal.

Sebelumnya, Emery terang-terangan mengakui bahwa dia belum mengambil keputusan terkait dengan minat Newcastle kepadanya. Itu dia sampaikan setelah memimpin Villarreal mengalahkan Young Boys di kandang dalam laga keempat Liga Champions, Selasa lalu.

Namun, kabar terbaru, seperti yang dilansir The Sun, Emery mengungkapkan isi hatinya dengan menyebut Villarreal adalah rumah baginya. "Villarreal adalah rumah saya dan saya berkomitmen 100 persen,” ucap pelatih Spanyol itu.

Unai Emery juga telah menyampaikan kepada presiden Villarreal, Fernando Roig, mengenai keputusannya tetap bertahan.

"Sejujurnya, saya berterima kasih atas minat klub yang hebat, tetapi lebih bersyukur berada di sini dan itulah alasan saya menyampaikan keputusan saya untuk terus menjadi bagian dari proyek ini kepada Fernando Roig," ujar Emery.

Magpies yang kini dimiliki konsorsium Arab Saudi, sebelumnya meyakini bahwa mereka akan bisa memboyong Emery setelah melakukan pembicaraan yang positif pada hari Minggu.

Namun, Emery ternyata masih ragu dengan visi dan organisasi jangka panjang Newcastle tanpa direktur sepak bola. Mantan bos Sevilla dan Paris Saint-Germain itu menilai kepemimpinan dalam organisasi klub tersebut masih berantakan.

Mengenai Howe, kualitasnya sebagai pelatih masih diragukan. Meski berhasil membuat The Cherries bertahan di Liga Inggris selama empat tahun, tetapi degradasi yang dialami klub tersebut pada 2020 menjadi kekhawatiran sejumlah pihak, selain dia belum pernah mengelola klub besar.

Walaupun masih ada keraguan, Magpies kini dikabarkan mulai melakukan pendekatan dengannya. Mereka sepertinya membutuhkan pelatih baru segera yang diharapkan bisa membawa kemajuan setelah rentetan pertandingan tanpa kemenangan.

Bagaimana reaksi yang akan muncul jika akhirnya Newcastle United menunjuk Eddie Howe sebagai pengganti Steve Bruce setelah 15 hari pemecatannya, masih belum bisa diprediksi. Namun, kedatangannya di Tyneside tampaknya akan disambut hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper