Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta Matchday 1 EURO 2020: Gol Bunuh Diri hingga Rekor Ronaldo

Berikut fakta-fakta yang terjadi pada laga matchday I babak penyisihan EURO 2020 yang dirangkum Bisnis.com. Mulai dari gol bunuh diri pertama hingga Christiano Ronaldo cetak rekor. 
Kapten timnas Portugal Christiano Ronaldo memberikan semangat kepada tim setelah mencetak gol melawan Hungaria dalam laga lanjutan Final Euro 2020./ Uefa.com.
Kapten timnas Portugal Christiano Ronaldo memberikan semangat kepada tim setelah mencetak gol melawan Hungaria dalam laga lanjutan Final Euro 2020./ Uefa.com.

Bisnis.com, JAKARTA - Matchday 1 (pertama) EURO 2020 telah usai. Total ada 12 pertandingan yang dimainkan pada pertandingan babak penyisihan grup. 

Dalam ke-12 pertandingan tersebut ada beberapa rekor momen yang menjadi terjadi pada matchday 1 untuk EURO 2020 Grup A, B, C, D, E, dan F.

Berikut fakta-fakta yang terjadi pada laga matchday 1 babak penyisihan EURO 2020 yang dirangkum Bisnis.com, mulai dari gol bunuh diri pertama hingga Christiano Ronaldo cetak rekor. 

1. Gol Bunuh Diri Pertama di EURO 

Pada laga antara Polandia melawan Slovakia, kiper polandia Szczesny melakukan gol bunuh diri pada menit ke-18. Ini merupakan gol bunuh diri pertama yang dilakukan oleh seorang kiper di ajang kompetisi ini sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa yang dimulai 61 tahun lalu.

Bukan hanya itu saja, akibat dari gol bunuh diri yang dilakukab olehnya timnas Polandia harus mengakui kekalahan dari Slovakia dengan skor 2-1

2. Kemenangan Pertama Finlandia 

Finlandia merupakan tim debutan pada EURO 2020. Bukan itu saja, EURO 2020 merupakan kompetisi ajang internasional pertama yang dilakukan Skandinavia ini. Pada matchday perdana, Finlandia berhasil menaklukan Denmark dengan skor 1-0.  Kemenangan atas Denmark tersebut merupakan kemenangan perdana Finlandia di kompetisi internsional sejak timnasnya berdiri pada 1907. 

3. Gol Pertama Makedonia Utara

Sama seperti Finlandia, Makedonia Utara merupakan tim debutan pada kompetisi tahun ini. Pada pertandingan pertama, Makedonia bertemu dengan Austria. Sayangnya, sesuai prediksi mereka kalah 3-1 dari Austria. 

Namun, pada laga tersebut tim debutan ini mencatat sejarah dengan mencetak gol perdana di turnamen internasional pertama mereka. Satu gol itu dicetak oleh mantan pemain Inter Milan Goran Pandev.

4. Jude Bellingham Pemain Termuda

Pemain muda asal Iggris Judu Bellingham menjadi pemecah rekor pemain muda yang bermain di gelaran kompetisi Piala Eropa. Bellingham memecahkan rekor menjadi pemain termuda yang pernah bermain di putaran utama EURO 2020 di saat usianya yang masih 17 tahun 349 hari.

5. Christiano Ronaldo Cetak Rekor 

Dua gol Cristiano Ronaldo pada laga melawan Hunggaria pada matchday pertama EURO 2020 membuat dirinya memecahkan rekor pencetak gol terbanyak di ajang Piala Eropa. 

Mengutip Theathletic.com, tendangan dari titik putih pemain berusia 36 tahun itu menempatkannya pada 10 gol di edisi Euro, yang satu lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya Michel Platini. Platini mencetak sembilan gol di Kejuaraan Eropa, yang semuanya ia cetak di edisi 1984 turnamen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper