Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup C Euro 2020 (Piala Eropa), Belanda Diprediksi Lolos dari Grup

Grup C Euro 2020 (Piala Eropa), Belanda Diprediksi Lolos dari Grup
David Alaba/JuveFC
David Alaba/JuveFC

AUSTRIA

Austria memasuki Euro 2020 dengan misi besar mencatat kemenangan pertama dalam putaran final Piala Eropa setelah dua kali seri dan empat kali kalah dalam dua keikutsertaaannya dalam Piala Eropa sebelumnya pada 2008 dan 2016.

Austria juga ingin meraih kemenangan pertamanya dalam sebuah turnamen sepak bola internasional besar setelah terakhir melakukannya pada Piala Dunia 1990 ketika menaklukkan tuan rumah Amerika Serikat 2-1.

Masalahnya, Austria yang menjadi runner-up Grup G kualifikasi Euro di bawah Polandia menghadapi masalah yang tidak dimiliki tim-tim besar, yakni kurang percaya diri. Selain itu kekurangberanian mereka dalam melancarkan serangan menjadi momok.

Tetapi statistik terakhir mereka saat melawan Inggris cukup mengagumkan yang tampil dominan dalam penguasaan bola dan menciptakan peluang sekalipun kalah karena satu gol dari Bukayo Saka.

Pelatih kepala Franco Foda dikritik keras karena pendekatan bermainnya yang konservatif dan defensif yang dianggap membatasi kemampuan talenta-talenta hebat dalam skuadnya.

Contohnya, dia memasang playmaker RB Leipzig Marcel Sabitzer jauh di belakang striker, sedangkan bek Bayern Muenchen yang musim depan memperkuat Real Madrid, David Alaba, kadang ditaruh di sayap kiri. Namun formasi ini cukup menjanjikan saat laga persahabatan melawan Inggris, tapi tak bisa mengkapitalisasi dominasi penguasaan bola.

Sebaliknya dengan pendekatan semacam itu Austria kerap tumpul dalam menuntaskan peluang-peluang, terlebih menghadapi tim-tim dengan pertahanan bagus. Meskipun begitu, ada sisi baik dari pertahanan mereka yang solid itu karena paling tidak gawang mereka sulit dijebol lawan sehingga bisa bermanfaat dalam meloloskan mereka ke babak selanjutnya. Yang pasti dari Oktober sampai November 2020, kombinasi kuat dalam pertahanan dan kemampuan dalam sesekali menciptakan peluang di depan gawang lawan, telah membuat Austria mencatat lima kemenangan dalam enam laga dan cuma kemasukan tiga gol.

Namun harap diingat formula sama tak bisa terus diterapkan seperti itu karena dalam kasus berbeda hasilnya malah lain. Contoh aktual adalah saat mereka digunduli 0-4 oleh Denmark dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Salah satu penyebab kekalahan besar ini adalah ketidakmampuan mereka dalam melepaskan upaya gol tepat sasaran.

Austria memiliki ujung serangan yang tajam pada diri striker Stuttgart berusia 23 tahun, Sasa Kalajdzic. Skuad Bundesliga mereka juga seharusnya mewarisi mentalitas Jerman yang tidak saja tangguh dalam bertahan, solid di lapangan tengah, tetapi tajam di depan gawang lawan. Sayang meskipun hampir seluruh pemain Austria bermain di Liga Jerman, timnas mereka masih jauh di bawah kelas timnas Jerman. Namun posisi runner-up grup bukan mustahil mereka dapatkan atau paling tidak lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Manajer: Franco Foda
Pemain kunci: David Alaba
Peringkat FIFA: 23
Perjalanan ke putaran final Euro 2020:
- Kalah 0-1 dan seri 0-0 melawan Polandia
- Kalah 2-4 dan menang 3-1 melawan Israel
- Menang 1-0 dan 1-0 melawan Slovenia
- Menang 4-1 dan 2-1 melawan Makedonia Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
BELANDA
Halaman Selanjutnya
MAKEDONIA UTARA
Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper