Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Champions & Liga Europa Berpotensi Mengulang All-English Final

Pertemuan dua tim Inggris di final Liga Champions Eropa tercatat tiga kali terjadi dengan laga puncak musim ini mempertemukan Chelsea dan Manchester City. Uniknya, 2 tahun lalu final Liga Champions dan Liga Europa sekaligus mencatatkan all-English final dan sekarang kemungkinan itu akan terjadi lagi.
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel/Twitter@ChelseaFC
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel/Twitter@ChelseaFC

Bisnis.com, JAKARTA – Dua klub Liga Primer inggris, Chelsea dan Manchester City, berjumpa di final Liga Champions Eropa yang dijadwalkan digelar pada 30 Mei dini hari WIB di Stadion Ataturk di Istanbul, Turki.

Chelsea melaju ke partai puncak setelah di semifinal menaklukkan Real Madrid dengan skor agregat 3–1, sedangkan ManCity di semifinal menundukkan Paris Saint-Germain, runner-up tahun lalu, dengan skor agregat 4–1.

Ini menjadi ketiga kalinya final Liga Champions Eropa mempertemukan dua klub Liga Inggris. Liverpool menundukkan Tottenham Hotspur 2–0 dalam pertandingan final Liga Champions 2 tahun lalu di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol.

Sebelumnya, pada 2008 Manchester United berhasil tampil sebagai juara setelah di final di Stadion Luzhniki di Moskwa, Rusia, menang adu penalti 6–5 atas Chelsea sesudah permainan 120 menit berakhir imbang 1–1 lantaran gol Cristiano Ronaldo untuk MU dibalas Chelsea lewat Frank Lampard.

Satu catatan yang unik dan jarang terjadi, selain di Liga Champions terjadi all-English final, pada musim 2018–2019 di ajang Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua, juga terjadi pertemuan dua tim Inggris di final yakni derbi London Chelsea menang 4–1 atas Arsenal di Baku, Azerbaijan.

Situasi serupa kini bisa terulang, karena di Liga Europa, dua klub Liga Primer Inggris, Manchester United dan Arsenal, berpeluang lolos ke final yang digelar pada 27 Mei dini hari WIB di Stadion Miejski di Gdansk, Polandia, markas Lechia Gdanks, tempat pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri bermain.

Di semifinal leg pertama pekan lalu MU membantai AS Roma dengan skor telak 6–2 sehingga kalah dengan selisih tiga gol pun di pertandingan leg kedua di Stadion Olimpico Roma, MU tetap lolos ke final.

Sementara itu, Arsenal kalah 1–2 di markas klub La Liga Villarreal dalam pertandingan leg pertama pekan lalu, tetapi leg kedua digelar di Stadion Emirates di London sehingga kemungkinan bagi Arsenal untuk melaju ke final cukup terbuka, terlebih dengan modal mencetak satu gol tandang.

Pertandingan semifinal leg kedua dijadwalkan berlangsung pada Jumat (7/5/2021) dini hari WIB. Pertandingan Roma menjamu MU direncanakan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper