Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata ini Kunci Sukses Koeman Bisa Berhasil Bangkitkan Barcelona

Pelatih Barcelona Ronald Koeman dinilai berhasil meningkatkan kemampuan fisik para pemain Barca musim ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Maret 2021  |  18:48 WIB
Ternyata ini Kunci Sukses Koeman Bisa Berhasil Bangkitkan Barcelona
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman - AS English

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Barcelona Ronald Koeman dinilai berhasil meningkatkan kemampuan fisik para pemain Barca musim ini. Tak seperti musim sebelumnya dimana Lionel Messi cs kerap dianggap kehabisan tenaga di penghujung musim, saat ini para punggawa Barca dianggap dalam kondisi terbaiknya.

Barcelona memang tampil cukup mengesankan di pengujung musim ini. Selain karena para pemain mulai klop dengan taktik yang diterapkan Koeman, faktor fisik dinilai berperan penting.

Menurut catatan media Spanyol Sport, hal itu tak lepas dari perubahan pola latihan yang diterapkan Koeman. Pelatih asal Belanda itu disebut selalu menggenjot fisik timnya pada sesi awal setiap latihan.

Melompat dengan satu kaki, melangkah cepat hingga rintangan tangga horizontal menjadi menu pembuka latihan skuad Barca.

"Hal itu membantu para pemain agar lebih siap menghadapi beban latihan yang lebih berat. Selain itu, latihan tersebut juga dipercaya bisa mengurangi resiko cedera pemain dan meningkatkan konsentrasi pemain," tulis Sport.

Setiap pemain juga mendapatkan pola latihan fisik yang berbeda. Setiap sore, para pemain Barcelona mendapatkan latihan tambahan tergantung kondisi fisik masing-masing.

Pemain muda mendapatkan porsi latihan fisik yang lebih besar. Tak heran jika mereka kemudian terlihat kerap berada di lapangan latihan di luar waktu latihan normal.

Hebatnya, masih menurut laporan yang sama, tak ada pemain Barcelona yang mengeluh dengan pola latihan yang jauh lebih berat dari biasanya tersebut. Mereka disebut menjalani porsi latihan yang diberikan Koeman dengan komitmen tinggi.

"Di rumah, mereka mengikuti langkah pemulihan diet ketat yang telah disiapkan. Ini adalah 'latihan secara diam', kebiasaan yang mereka jalani dalam hidup mereka dan itu bekerja dengan sangat baik," kata Sport.

Satu hal terakhir yang menjadi kunci sukses Ronald Koeman adalah teknologi. Dia disebut menggunakan peranti teknologi berbasis GPS untuk melihat kekuatan dan kecepatan para pemainnya.

Teknologi itu sebenarnya bukan hal baru dalam sepak bola. Tim-tim besar asal Jerman seperti: Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig telah bertahun-tahun lalu menggunakan teknologi yang sama untuk mengukur hasil latihan para pemainnya.

Akan tetapi bagi Barcelona hal tersebut bisa dianggap baru. Maklum, selama ini para pelatih tampak kurang peduli terhadap kemampuan fisik pemainnya. Para pendahulu Koeman tampak lebih banyak berkonsentrasi kepada kemampuan teknik pemainnya.

Ousmane Dembele bisa dianggap sebagai salah satu bukti nyata meningkatnya kemampuan fisik para pemain Barcelona. Pemain asal Prancis itu musim ini mampu tampil dalam lebih banyak pertandingan.

Musim ini, Dembele hanya empat kali absen karena cedera hamstring. Padahal pada dua musim sebelumnya sejak dibeli dari Borussia Dortmund, Dembele lebih banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan ketimbang di lapangan.

Catatan 16 laga tak terkalahkan di Liga Spanyol menjadi bukti kasat mata dari perubahan yang dilakukan Koeman. Dengan kondisi fisik yang mumpuni, Barcelona pun bisa berharap merebut kembali gelar juara Liga Spanyol musim ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Barcelona Liga Spanyol

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top