Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Joachim Low Tinggalkan Timnas Jerman Selepas Euro Tahun Ini

Pelatih Timnas Jerman Joachim Low menyatakan bakal mengakhiri tugasnya pada pertengahan tahun ini selepas perhelatan Piala Eropa (Euro) 2020 yang diundur setahun akibat pandemi corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Maret 2021  |  23:56 WIB
Joachim Loew/Reuters - Fabrizio Bensch
Joachim Loew/Reuters - Fabrizio Bensch

Bisnis.com, JAKARTA – Deutscher Fussball-Bund (DFB), otoritas sepak bola Jerman, mengumumkan bahwa pelatih timnas Jachim Low akan mundur selepas perhelatan Piala Eropa (Euro) 2020 yang diundur ke pertengahan tahun ini.

Low telah menangani tim berjuluk Die Mannschaft sejak menggantikan Jurgen Klinsmann pada 2006. Dia memimpin Jerman ke final Euro 2008 dan menjuarai Piala Dunia 2014.

Kontrak Low saat ini akan berakhir pada 2022, tetapi dia telah meminta kontraknya diakhiri lebih cepat setelah Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan ulang musim panas ini akibat pandemi corona.

"Saya mengambil langkah ini dengan sangat sadar, dengan penuh kebanggaan dan rasa terima kasih yang sangat besar, tetapi pada saat yang sama terus menjadi sangat termotivasi ketika datang ke turnamen Piala Eropa yang akan datang," ungkapnya sebagaimana dilansir Mirror pada Selasa (9/3/20210.

“Suatu kebanggaan, karena itu adalah sesuatu yang sangat istimewa dan kehormatan bagi saya untuk bertugas di negara saya." Ungkap lelaki berusia 61 tahun itu, yang merupakan andalan lini tengah Freiburg ketika masih menjadi pemain.

"Saya telah bekerja dengan pesepak bola terbaik di negara ini selama hampir 17 tahun dan mendukung mereka dalam perkembangan mereka. Saya memiliki kemenangan besar bersama mereka dan kekalahan yang menyakitkan, tetapi di atas semua itu, banyak momen indah dan ajaib, tidak hanya memenangkan Piala Dunia 2014 di Brasil," tambahnya.

"Saya akan tetap berterima kasih kepada DFB, yang selalu memberi saya dan tim lingkungan kerja yang ideal," lanjut Low, yang pernah menukangi sejumlah klub di Eropa di antaranya Stuttgart (Jerman), Fenerbahce (Turki), dan Austria Wien (Austria).

Low telah menjadi bagian penting dari strategi DFB sejak awal ia bergabung dengan tim nasional sebagai asisten pelatih Klinsmann pada 2004.

"Saya masih merasakan keinginan tanpa syarat serta energi dan ambisi yang besar untuk Kejuaraan Eropa mendatang," ucapnya.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat fans kami senang dan sukses di turnamen ini. Saya juga tahu bahwa ini berlaku untuk seluruh tim."

Sejumlah spekulasi sudah bermunculan terkait dengan siapa yang bisa menggantikan Low sebagai pelatih Jerman selanjutnya, dengan pelatih Liverpool Jurgen Klopp dianggap sebagai kandidat ideal DFB.

Namun, dia memiliki kontrak di Liverpool hingga 2024, dan meski tertarik menjadi bos tim nasional, dia belum menunjukkan tanda-tanda untuk meninggalkan Anfield dalam waktu dekat.

Pelatih Bayern Muenchen Hansi Flick, sebelumnya asisten Low, adalah kandidat lainnya, tetapi diragukan bakal meninggalkan Allianz Arena.

Presiden DFB Fritz Keller mengatakan Federasi Jerman tidak akan tergesa-gesa untuk mencari pengganti Low.

"Saya sangat menghormati keputusan Joachim Low. DFB tahu apa yang ia miliki di Jogi (Low), ia adalah salah satu pelatih terhebat di dunia sepak bola," kata Keller.

"Jogi Low memimpin sepak bola Jerman yang tiada duanya selama bertahun-tahun. Bukan hanya karena prestasi olahraganya, tetapi juga karena empati dan kemanusiaannya."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jerman Euro 2020

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top