Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pahlawan Italia di Piala Dunia 1982 Paolo Rossi Meninggal Dunia

Bintang Italia yang membawa negara itu juara Piala Dunia 1982, Paolo Rossi, menimggal dunia hanya 2 pekan setelah kegenda bola asal Argentina, Diego Maradona, wafat.
Paolo Rossi hattrick saat Brasil menundukkan Brasil di Piala Dunia 1982.
Paolo Rossi hattrick saat Brasil menundukkan Brasil di Piala Dunia 1982.

Bisnis.com, JAKARTA – Hanya dalam 2 pekan, sepak bola dunia kehilangan tiga tokoh. Legenda bola Argentina Diego Maradona meninggal dunia pada 25 November 2020, mantan pelatih Timnas Argentina Alejandro Sabella wafat kemarin, dan pagi ini dunia kehilangan Paolo Rossi.

Paolo Rossi merupakan top skor Piala Dunia 1982 di Spanyol, dia membawa Italia juara dunia untuk ketiga kalinya setelah 1934 dan 1938, menjadi top skor dengan enam gol di ajang di Spanyol tersebut, menaklukkan Brasil dan Argentina untuk lolos ke final.

Italia menundukkan Argentina 2–1, kemudian menaklukkan Brasil yang difavoritkan, dalam pertandingan putaran kedua (perempat final) Grup C, dengan skor 3–2 dan Rossi mencetak hattrick.

Di semifinal, Italia menaklukkan Polandia dengan skor 2– 0 dan Rossi mencetak dua gol tersebut.

Dalam pertandingan final, Italia tim favorit lainnya, Jerman Barat, 3-1 dengan Rossi mencetak gol pembuka pada menit ke-57.

Rossi, wafat dalam usia 64 tahun, pun menjadi salah satu pahlawan terpenting bagi Italia. Hebatnya, pemanggilan Rossi oleh pelatih Enzo Bearzot sempat memicu kontroversi karena dia sebelumnya terlibat dalam skandal suap.

"Berita yang sangat menyedihkan: Paolo Rossi telah meninggalkan kami," ungkap presenter RAI Sport Enrico Varriale.

“Pablito yang tak terlupakan, yang membuat kami semua jatuh cinta pada musim panas 1982 itu dan yang merupakan rekan kerja yang berharga dan kompeten di RAI [sebagai komentator] selama beberapa tahun terakhir. RIP sayang Paolo,” ungkapnya pada Kamis (10/12/2020) pagi WIB.

Istri Rossi, Federica Cappelletti, mengonfirmasi berita itu di media sosial, diikuti oleh rekannya di RAI, Varriale.

Selama karir bermainnya, striker ini bermain untuk Juventus, Como, Vicenza, Perugia, AC Milan, dan Hellas Verona hingga pensiun pada 1987.

Rossi mencetak 20 gol dalam 48 caps untuk Gli Azzurri, termasuk enam dalam perjalanan menuju trofi 1982 di Spanyol.

Selepas penampilan hbatnya di Spanyol, Rossi memenangkan Sepatu Emas sebagai gol terbanyak, dia lantas memenangi Ballon d'Or 1982 sebagai Pemain Terbaik Eropa Tahun Ini.

Rossi adalah Capocannoniere dari Serie A pada musim 1977-1978 dengan 24 gol, memenangkan Piala Winners pada 1984, Piala Super UEFA 1984-1985, Piala Eropa (Liga Champions) bersama Juventus pada 1985 dan dua gelar Serie A pada 1982 dan 1984.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Italia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper