Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Liga Champions : Liverpool, Porto ke 16 Besar, Madrid Kalah Lagi

Liverpool dan Porto lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa, sementara Real Madrid kalah lagi dan harus menang di laga terakhir 8 hari mendatang.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  05:52 WIB
Pemain Liverpool Curtis Jones (kanan) merayakan golnya ke gawang Ajax Amstderdam bersama Neco Williams yang memasok assist. - UEFA.com
Pemain Liverpool Curtis Jones (kanan) merayakan golnya ke gawang Ajax Amstderdam bersama Neco Williams yang memasok assist. - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Real Madrid kembal dikalahkan Shakhtar Donetsk, sedangkan Liverpool melaju ke babak 16 besar, dan Atletico Madrid memelihara peluang lolos ke 16 besar setelah mengimbangi juara bertahan Bayern Munchen dalam rangkaian pertandingan matchday kelima Liga Champions Eropa.

Dalam pertandingan Grup B di Stadion Olimpiade Kiev di Ukraina, Madrid menyerah dari tuan rumah Shakhtar Donetsk dengan skor 0–2 pada Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Dua gol tuan rumah dilesakkan Dentinho (57’) dan Manor Solomon 9 menit menjelang laga usai.

Pelatih Zinedine Zidane belum dapat menurunkan bek andalan sekaligus kapten tim Sergio Ramos dalam pertandingan kali ini, karena tengah berkutat dengan cedera.

Hasil ini membuat Madrid menelan dua kekalahan dari Shakhtar. Di Madrid pada pertemuan pertama, juara La Liga Spanyol itu kalah 2–3.

Dua kekalahan itu membuat Madrid rentan tersingkir, karena jika pada akhirnya nilai kedua tim sama, Shakhtar menang head-to-head.

Namun, Madrid masih sedikit beruntung, karena di laga lain Grup B, Borussia Monchengladbach di kandang kalah 2–3 dari Inter Milan yang menduduki posisi juru kunci.

Bermain di Stadion Borussia Par di Monchengladbach di Jerman, Matteo Darmian membuka skor untuk Inter pada menit ke-17 dan disamakan tuan rumah melalui kontribusi Alassane Plea ketika babak pertama telah memasuki injury time.

Pada babak kedua, menit ke-64 dan 73, Romelu Lukaku membawa Inter unggul, sedangan Plea mencetak gol keduanya berselang 2 menit kemudian sehingga skor akhir 2–3.

Kekalahan Gladbach dari Inter ini menguntungkan Madrid, karena jika menang atas Gladbach di laga terakhir, Madrid yang lolos ke 16 besar, tetapi kalau seri, Madrid tersingkir jika Shakhtar juga seri versus Inter.

Klasemen sementara masih dipimpin Gladbach dengan nilai 8, diikuti Madrid dan Shakhtar masing-masing 7, sedangkan Inter 5 dan masih berpeluang lolos jika menaklukkan Shakhtar di laga terakhir dan Madrid dikalahkan Gladbach.

Di Grup A, Atleico Madrid melepas kemenangan kemenangan di depan mata. Setelah unggul lewat Joao Felix pada menit ke-26, Munchen membalas lewat penalti Thomas Muller 6 menit menjelang laga usai.

Munchen tak menurunkan kekuatan penuh karena telah dipastikan tampil sebagai juara Grup A. Pelatih Hansi Flick menyimpan striker Robert Lewandowski. Muller juga baru masuk lapangan pada menit ke-62 menggantikan Javi Martinez.

Di laga lain Grup A, tuan rumah Lokomotiv Moskwa menyerah 1–3 dari Red Bull Salzburg. Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Munchen sudah pasti finis teratas dengan nilai 13, diiuti Atletico 6, Salzburg 4, dan Lokomotiv 3.

Dengan demikian, di matchday terakhir 8 hari mendatang Atletico hanya perlu seri versus tuan rumah Salzburg untuk lolos ke 16 besar.

Di Grup D, Liverpool lolos ke 16 besar setelah menundukkan Ajax Amsterdam 1–0 di Anfield. Curtis Jones mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-58 dengan assist Neco Williams.

Di laga lain Grup D, tuan rumah Atalanta di Stadion Gewiss di Bergamo, Italia, dipaksa imbang tamunya dari Denmark, Midtjylland, dengan skor 1–1.

Dengan hasil dua laga itu, Liverpool teratas di klasemen sementara dengan nilai 12, diikuti Atalanta 8, Ajax 7, dan Midtjylland 1. Ajax akan menjamu Atalanta 8 hari mendatang untuk berebut posisi runner-up demi mendampingi Liverpool ke babak 16 besar.

D Grup C, Porto menahan imbang Manchester City tanpa gol di Stadion Do Dragao di Porto, Portugal. Hasil itu membuat Porto finis sebagai runner-up dan mendampingi Manchester City yang dipastikan melaju ke fase knock out sejak matchday keempat.

Hasil lain di Grup C, Marseille menang 2–1 atas tamunya dari Yunani, Olympiakos Piraeus, di Stadion Velodrome di Marseille, Prancis.

Denan hasil dua laga itu, ManCity teratas dengan nilai 13, diikuti Porto 10, serta Olympiakos dan Marseille masing-masing 3.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions Liverpool Manchester City real madrid porto Bayern Munchen atletico madrid

Sumber : UEFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top