Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nobby Stiles, Pemenang Piala Dunia 1966 untuk Inggris, Meninggal Dunia

Nobby Stiles, yang memperkuat Timnas Inggris ketika tampil sebagai juara Piala Dunia 1966, meninggal dunia pada usia 78 tahun.
Nobby Stiles meninggal dunia dalam jusia 78 tahun./Sky Sports
Nobby Stiles meninggal dunia dalam jusia 78 tahun./Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA – Gelandang Inggris pemenang Piala Dunia 1966 Nobby Stiles meninggal dunia pada usia 78 tahun pada Jumat (30/10/2020) tengah malam WIB setelah lama sakit. Mantan pemain Manchester United itu mengidap kanker prostat dan demensia lanjut.

Stiles termasuk yang bermakin dalam pertandingan final melawan Jerman barat di Piala dunia 1966 di Stadion Wembley di London. Ketika itu Inggris menang 4-2 melalui perpanjangan waktu dan itu gelar Piala Dunia satu-satunya uhntuk Three Lions sampai sekarang.

Norbert Peter Stiles, begitu nama asli eks pemain dengan posisi gelandang bertahan tersebut, lahir di Manchester pada 18 Mei 1942. Dia dianugerahi Most Excellent Order of the British Empire (MBE) dari Kerajaan Inggris pada 2000.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarganya mengatakan: "Keluarga Stiles dengan sedih mengumumkan bahwa Nobby Stiles meninggal dengan damai hari ini dikelilingi oleh keluarganya setelah lama sakit. Keluarga dengan hormat meminta privasi pada saat yang menyedihkan ini."

Stiles mencatatkan 28 caps untuk Inggris dan memainkan peran kunci dalam mengatasi pergerakan bintang Portugal Eusebio dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 1966, sebelum penampilan bagus lainnya dalam kemenangan dramatis 4–2 di dinal melalui perpanjangan waktu atas Jerman Barat.

"Sangat sedih mendengar Nobby meninggal dunia," kata Sir Geoff Hurst, yang mencetak hattrick di final melawan Jerman Barat. “Karakter yang hebat, hati serta jiwa tim, dia akan sangat dirindukan."

Di level klub, Stiles memenangkan dua gelar liga Inggris dan Piala Eropa 1968 selama 11 tahun berkarir bersama Manchester United. Dia membuat hampir 400 penampilan untuk Setan Merah antara 1960 dan 1971, bermain untuk Middlesbrough dan Preston North End sebelum pensiun pada 1975.

Dia pindah ke manajemen Preston pada 1977 hingga 1981, kemudian menjalani masa tugas yang singkat sebagai pelatih yang bisa disebut gagal di West Bromwich Albion pada musim 1985–1986.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper