Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Messi Bertahan, Barcelona Terhindar dari Kerugian Finansial

Media Spanyol Marca menyebutkan bahwa berbagai pakar industri menilai keputusan Messi bertahan akan memberikan keuntungan finansial bagi Barcelona. Misalnya dari sisi penjualan tiket.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 September 2020  |  18:52 WIB
Kapten tim FC Barcelona Lionel Messi. - Twitter@FCBarcelona
Kapten tim FC Barcelona Lionel Messi. - Twitter@FCBarcelona

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona disebut terhindar dari kerugian finansial besar dengan mempertahankan Lionel Messi. Selain sebagai mesin gol di lapangan, Messi juga diyakini merupakan mesin uang bagi klub tersebut.

Media Spanyol Marca menyebutkan bahwa berbagai pakar industri menilai keputusan Messi bertahan akan memberikan keuntungan finansial bagi Barcelona. Misalnya dari sisi penjualan tiket.

Konsultan bisnis Carlos Canto menyebutkan bahwa selama ini Barcelona meraup keuntungan besar dari penjualan tiket non-anggota. Tiket itu dijual kepada para wisatawan yang biasanya datang dengan tujuan untuk menonton aksi Messi.

"Pada sisi penjualan teiket, ada turis yang siap membayar 200 hingga 300 euro hanya untuk melihat pemain terbaik di dunia beraksi," kata Carlos.


"Sekitar lima hingga sepuluh persen turis memilih Barcelona sebagai prioritas mereka. Jika pemain terbaik di dunia tak berada di sini, maka itu juga akan berdampak pada kota Barcelona."

Meskipun demikian, Barcelona tampaknya tak akan menikmati keuntungan dari penjualan tiket itu pada musim ini. Pasalnya Liga Spanyol kemungkinan besar masih akan berlangsung tanpa penonton karena pandemi Covid-19 masih belum juga mereda.

Selain penjualan tiket, Messi juga disebut sebagai pemain dengan penjualan kostum terbanyak di Barcelona. Rayde Luiz Baez dari lembaga konsultan The Connect menyebutkan bahwa penjualan kostum Messi saja mencapai sekitar 2 juta euro per tahunnya.

"Kita harus ingat bahwa Messi adalah penjual kaus yang handal. Jika tak salah, nilainya mencapai dua juta euro," kata dia. "Itu adalah uang yang banyak dan jumlah sebanyak itu tak bisa dibuat kembali dengan cepat (jika Barcelona kehilangan Messi)," kata Baez.

Selain itu Barcelona juga diyakini memiliki banyak kontrak sponsor yang menyertakan Lionel Messi di dalamnya. Jika Messi hengkang, Barcelona diyakini akan kehilangan hingga 30 persen dari nilai kontrak yang telah mereka tangani.

"Pada hari Messi pergi, akan terjadi penurunan nilai kontrak sponsor hingga 30 persen," ujar Baez.

Canto pun berpendapat sama. Menurut dia, meskipun nama Barcelona cukup besar, akan tetapi Lionel Messi memberikan bonus yang lebih besar kepada pihak sponsor.

"Nama Barcelona penting, tetapi jika anda memiliki Messi, itu akan menjadi bonus."

Meskipun demikian, Liga Spanyol dinilai tak akan terkena dampak besar jika Lionel Messi jadi hengkang dari Barcelona. Menurut Canto, Liga Spanyol lebih tidak tergantung kepada Messi.

"La Liga lebih sedikit tergantung terhadap pemain seperti yang terjadi kepada Olimpiade dengan pensiunnya Usain Bolt, Michael Phelps atau ketika Roger Federer berhenti bermain di Wimbeldon," kata Direktur Agensi Pemasaran Olahraga Octagon, David Serrahima.

Sebelumnya drama konflik Lionel Messi dengan Barcelona berakhir anti klimaks. Jika sebelumnya Messi mencoba memaksa Barcelona untuk melepasnya dengan status bebas transfer, belakangan si pemain memilih untuk bertahan.

Lionel Messi pun menyatakan akan menghormati kontraknya di Barcelona yang akan habis pada tahun depan. Dia juga berjanji akan tetap bermain sekuat tenaganya di bawah asuhan Ronald Koeman musim depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Barcelona

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top