Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belanda Lockdown Hingga 1 September, Eredivisie Mustahil Diteruskan

Eredivisie, liga sepak bola level teratas di Belanda, musim 2019 - 2020 praktis berakhir setelah Perdana Menteri Mark Rutte mengumumkan lockdown hingga 1 September 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 April 2020  |  07:24 WIB
Suporter Ajax Amsterdam, pemimpin klasemen sementara Eredivisie Belanda sekaligus juara bertahan. - Reuters/Dylan Martinez
Suporter Ajax Amsterdam, pemimpin klasemen sementara Eredivisie Belanda sekaligus juara bertahan. - Reuters/Dylan Martinez

Bisnis.com, JAKARTA – Eredivisie, liga sepak bola level teratas di Belanda, musim 2019 - 2020 praktis berakhir setelah Perdana Menteri Mark Rutte mengumumkan lockdown hingga 1 September 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru Covid-19.

Penerapan karantina wilayah tersebut praktis melarang keberlangsungan seluruh kegiatan publik, termasuk yang dilakukan di ruang tertutup, sehingga pertandingan tanpa penonton pun tidak diizinkan.

Federasi sepak bola Belanda, Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), menyatakan mereka sebetulnya berada dalam posisi untuk melanjutkan liga dengan proyeksi dimulai lagi pada 19 Juni atau sekitar 2 pekan setelah karantina wilayah yang awalnya direncanakan berakhir 1 Juni.

Dengan perkembangan terakhir ini, demikian ditulis Antara pada Rabu (22/4/2020) pagi, KNVB akan melakukan konsultasi dengan Union of European Football Association (UEFA), organisasi sepak bola tertinggi di Eropa.

Perpanjangan karantina wilayah Belanda keluar hanya beberapa jam setelah UEFA mengeluarkan rekomendasi kuat agar anggotanya melanjutkan kompetisi domestik musim 2019 - 2020, meskpiun bersikap agak longgar jika ada kasus khusus yang tidak memungkinkan hal itu dilakukan.

KNVB menyatakan akan menggelar pertemuan dengan para klub-klub dan seluruh pihak yang terdampak aturan baru pemerintah Belanda tersebut.

Tidak seperti Liga Pro Belgia yang sudah lebih dulu menghentikan musim ketika Club Brugge memang sudah dipastikan sebagai juara karena unggul 15 poin dan secara matematis tidak dapat dikejar tim-tim lain, Eredivisie dihadapkan pada penentuan juara yang lebih rumit bila kompetisi dihentikan.

Sebelum pandemi Covid-19 membuat Eredivisie terhenti, musim ini menyisakan sembilan matchday dengan Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar sama-sama mengoleksi 56 poin di posisi dua teratas klasemen.

Ajax berada di puncak unggul berdasar selisih gol atas AZ. Eredivisie juga akan dihadapkan pada kesulitan dalam menentukan tim-tim yang berhak tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ajax Virus Corona eredivisie

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top