Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Demi Bertahan di Roma, Smalling Rela Potong Gaji

Sejumlah media Inggris kala itu menyebut Smalling frustrasi karena sulit menembus tim utama setelah United membeli bek Harry Maguire dari Leicester City.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  19:48 WIB
Chris Smalling. - REUTERS
Chris Smalling. - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Keputusan berat diambil Chris Smalling pada bursa transfer musim panas lalu. Ia memutuskan untuk hengkang sementara dari Manchester United. Pria kelahiran London, Inggris, itu memilih tawaran AS Roma untuk bermain selama satu musim dengan skema peminjaman.

Sejumlah media Inggris kala itu menyebut Smalling frustrasi karena sulit menembus tim utama setelah United membeli bek Harry Maguire dari Leicester City. Terbukti, bek seharga 80 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,4 triliun itu menjadi pilihan utama manajer Ole Gunnar Solskjaer di awal-awal kompetisi musim ini.

Solskjaer menduetkan Maguire dengan Victor Lindelof. Selain itu, Smalling harus bersaing dengan Eric Bailly dan Phill Jones sebagai pelapis bek tengah United. Sejumlah fan Setan Merah sempat beranggapan ini adalah awal pudarnya karier Smalling.

Faktanya, prediksi itu salah. Smalling justru bersinar bersama gerombolan Serigala Ibu Kota--julukan klub itu--musim ini. Secara mengejutkan, Smalling kembali menemukan penampilan terbaiknya. Ia tampil kokoh mengawal kotak penalti Roma hingga menuai pujian dari fan dan sejumlah legenda hidup Seri A.

Puncaknya ketika sejumlah media Italia memberi julukan Smalldini untuk bekas bek Fulham itu. Ya, Smalldini adalah pelesetan dari nama Smalling dan Paolo Maldini, jagoan bek tengah AC Milan 1984-2009.

Kini Smalling dikabarkan betah bermain di Olimpico, meski saat ini Italia sedang mengunci negara mereka karena wabah virus corona alias Covid-19. Termasuk menghentikan untuk sementara kompetisi sepak bola.

Namun, di tengah libur kompetisi, kabarnya Roma sudah menyiapkan rencana untuk membeli Smalling pada jendela transfer musim panas nanti. Kabarnya United hanya mau melepas Smalling dengan harga 32 juta pound sterling atau sekitar Rp 576 miliar.

Bukan harga yang ramah untuk kocek Roma. Lagi pula Giallorossi harus bersaing dengan Arsenal dan Tottenham Hotspur. Soal kemampuan finansial, tentu saja kedua tim Inggris itu lebih unggul dibanding Roma.

Namun kabarnya Smalling sudah setuju bertahan lebih lama di Roma. Ia pun rela menurunkan standar gajinya. Selama bersama United, mantan bek Maidstone itu digaji 70 ribu pound sterling atau sekitar Rp 1,2 miliar per pekan. Sedangkan di Roma, Smalling memperoleh bayaran 57.692 euro atau sekitar Rp 894 juta per pekan.

Bagi Smalling, menit bermain lebih penting. Ia lebih rela gajinya dipangkas ketimbang hanya duduk-duduk di bangku cadangan tanpa kejelasan menit bermain. Selain itu, Smalling memang sudah betah tinggal di Roma.

"Beberapa pemain Roma pernah bilang, jika kamu tampil baik di sini, kota ini akan memberikan hal yang luar biasa. Saya betul-betul merasakannya," kata Smalling.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

as roma

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top