Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jerman, Belanda, Belgia, Rusia, Tutup Kualifikasi Euro dengan Pesta Gol

Jerman, Belanda, Belgia, dan Rusia menutup kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan pesta gol meskipun sebenarnya mereka telah dipastikan lolos ke putaran final sebelum pertandingan dimulai.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 20 November 2019  |  07:29 WIB
Para pemain Jerman merayakan gol ke gawang Irlandia Utara. - Reuters/Ralph Orlowski
Para pemain Jerman merayakan gol ke gawang Irlandia Utara. - Reuters/Ralph Orlowski

Bisnis.com, JAKARTA – Jerman, Belanda, Belgia, dan Rusia menutup kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan pesta gol meskipun sebenarnya mereka telah dipastikan lolos ke putaran final sebelum pertandingan dimulai.

Di Grup C, Jerman menghabisi Irlandia Utara dengan skor 6 - 1 pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB dan pada saat bersamaan belandia menggasak Estonia lima gol tanpa balas.

Bermain di Frankfurt, kemenangan tuan rumah Jerman ditandai dengan hattrick Serge Gnabry walaupun skuat Der Panzer sempat dikejutkan oleh gol cepat tamu pada menit ke-7 lewat Michael Smith.

Jerman membalas berselang 12 menit kemudian dengan Gnabry mencetak gol pertamanya di laga tersebut. Saat turun minum, Jerman telah berbalik unggul setelah Leon Goretzka sukses menjebol gawang Irlanida Utara 3 menit menjelang babak pertama berakhir.

Babak kedua menjadi masa menyenangkan bagi pasukan asuhan Joachim Loew dengan menggelontorkan lima gol ke gawang Irlandia Utara yang dikawal kiper Bailey Peacock-Farrell. Lima gol itu dikontribusi Gnabry (47’ dan 60’), Goretzka (73’), dan Julian Brandt ketika pertandingan sudah memasuki injury time.

Masih di Grup C, Belanda menghabisi tuan rumah Estonia 5 - 0 di Amsterdam yang diwarani hattrick gelandang serang Giorginio Wijnaldum dengan tiga gol yang dicetaknya pada menit ke-6, 18, dan 68.

Dua gol lainnya untuk tim asuhan Ronald Koeman dilesakkan Nathan Ake pada menit ke-18 dan Myron  Boadu saat pertandingan yang dipimpin wasit Davide Massa (Italia) tersisa 4 menit.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Jerman dan Belanda, yang telah lolos ke putaran final Euro tahun depan sebagai juara dan runner Grup C, mengakhiri babak kualifikasi dengan nilai masing-masing 21 dan 19.

Posisi ketiga diisi Irlandia Utara dengan nilai 13, diikuti Belarusia 4, dan Estonia di dasar klasemen dengan nilai hanya 1.

Irlandia Utara dan Belarusia gagal melaju ke putaran final Euro sebagai juara dan runner-up Grup C, tetapi masih berpeluang lolos melalui jalur playoff yang akan memperebutkan empat tiket tersisa di luar jatah otomatis untuk juara dan runner-up 10 grup.

Hal itu dimungkinkan karena memang tim-tim yang masuk jalur playoff ditentukan bukan berdasarkan posisi klasemen akhir fase grup kualifikasi, melainkan melihat prestasi mereka di ajang Nations League 2018 - 2019.

Pesta gol juga didapat Belgia dan Rusia di Grup I. Belgia menggasak Siprus 6 - 1, sedangkan Rusia menaklukkan tuan rumah San Marino 5 - 0.

Di Brussels, Siprus sempat mengejutkan tuan rumah melalui gol Nicolas Ioannou pada menit ke-14, tetapi Belgia langsung membalas 2 menit kemudian melalui kontribusi Christian Benteke.

Saat rehat Belgia telah berbalik unggul 4 - 1 setelah Kevin de Bruyne menjaringkan dua gol pada menit 35 dan 41 serta Yannick Carrasco mencetak gol keempat 2 menit menjelang babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Belgia menambah dua gol lagi. Pemain Siprus Kypros Christoforou dipaksa menjebol gawang sendiri pada menit ke-51 dan Benteke menutup pesta gol tuan rumah pada menit 67.

Masih di Grup I, Rusia menghantam tuan rumah San Marino 5 - 0  di Serravalle dengan lima gol dihasilkan Daler Kuzyaec (3’), Sergey Petrov (19’), Aleksey Miranchuk (49’), Aleksei Ionov (56’), dan pemain berdarah Ukraina Nikolai Komlichenko pada menit ke-79.

Dengan hasil dua laga tersebut, Belgia mengakhiri babak kualifikasi Euro 2020 dengan nilai sempurna 30 karena selalu menang, diikuti Rusia 34, keduanya lolos ke putaran final.

Posisi ketiga diisi Skotlandia yang di laga pada Rabu dini hari WIB menang 3-1 atas Kazakhstan. Skotlandia mendulang nilai 15. Skotlandia tetap bisa meraih tiket ke putaran final lewat jalur playoff.

Peringkat keempat dan kelima diisi Siprus dan Kazakhstan dengan nilai masing-masing 10, sedangkan San Marino menempati dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah. Tiga tim ini tersingkir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jerman timnas rusia timnas belanda Timnas Belgia Euro 2020

Sumber : Reuters & UEFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top