Hasil Liga Inggris: Liverpool Hajar Spurs, MU Gagal 2 Penalti Tapi Menang

Liverpool menundukkan Tottenham Hotspur 2 - 1 dalam pertandingan pekan ke-10 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, pada Senin (28/10/2019) WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 28 Oktober 2019  |  04:59 WIB
Hasil Liga Inggris: Liverpool Hajar Spurs, MU Gagal 2 Penalti Tapi Menang
Striker Liverpool Mohamed Salah - Reuters/Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA – Liverpool menundukkan Tottenham Hotspur 2 - 1 dalam pertandingan pekan ke-10 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, pada Senin (28/10/2019) WIB.

Kemenangan itu tak ubahnya menjadi hukuman dari Liverpool untuk Tottenham, yang memilih untuk bertahan di areanya sendiri setelah mencetak gol cepat lewat Harry Kane saat laga belum genap berjalan semenit.

Jordan Henderson lebih dulu menyamakan kedudukan untuk Liverpool sebelum tendangan penalti diperoleh tuan rumah dan dieksekusi dengan baik oleh Mohamed Salah untuk membalikkan keadaan menjadi 2 - 1, demikian catatan laman resmi Liga Primer Inggris.

Hasil itu sekaligus membuat tim besutan Jurgen Klopp yang berada di puncak klasemen kini memiliki 28 poin dan mengembalikan keunggulan enam poin atas Manchester City (22), sedangkan Spurs (12) terlempar ke urutan ke-11 setelah gagal menang dalam tiga pertandingan terakhir.

Liverpool kecolongan pada awal laga dan tertinggal hanya 47 detik setelah sepak mula akibat gol Kane.

Berawal dari aksi Harry Winks menjatuhkan Jordan Henderson untuk merebut bola, sebuah serangan cepat Spurs mendapati lini belakang Liverpool yang gugup. Son Heung-min memperdaya Trent Alexander-Arnold sebelum melepaskan tembakan yang sempat mengenai kepala Dejan Lovren sebelum membentur mistar gawang.

Sementara Virgil van Dijk terpana menyaksikan laju bola yang mengenai mistar gawang, Kane bereaksi cepat untuk menyundul bola pantul demi membawa Spurs unggul.

Sejak itu, Spurs praktis lebih banyak dihadapkan pada tugas untuk menahan gempuran Liverpool dan kiper pelapis Paulo Gazzaniga menjadi bintang utama sepanjang babak pertama.

Tak kurang dari empat penyelamatan dilakukan oleh Gazzaniga untuk mementahkan peluang-peluang Liverpool.

Pada menit ke-27, Gazzaniga melakukan penyelamatan ganda untuk menepis tembakan Mohamed Salah dan bereaksi cepat untuk menghalau tendangan susulan Roberto Firmino atas bola muntah.

Berselang 2 menit kemudian, Gazzaniga melakukan sebuah sentuhan penting untuk menepis bola tandukan Van Dijk menyambut tendangan bebas Alexander-Arnold. Lantas pada menit ke-30, giliran tembakan keras jarak jauh Alexander-Arnold yang sukses dimentahkan Gazzaniga.

Tertinggal saat turun minum, Liverpool berusaha menggempur sejak sepak lanjut babak kedua, namun tandukan Firmino menyambut umpan silang Andy Robertson lagi-lagi mampu dihentikan Gazzaniga.

Spurs yang tak mau kehilangan keunggulan segera melancarkan serangan dan bola umpan jauh berhasil dikejar Heung-min demi melewati Lovren kemudian memperdaya kiper Alisson Becker, sayang penyelesaian pemain asal Korea Selatan itu masih membentur mistar gawang.

Tembok pertahanan Spurs akhirnya runtuh pada menit ke-52 ketika Henderson berhasil menjebol gawang Gazzaniga dengan tembakan volinya setelah menerima umpan lambung terukur dari Fabinho.

Pertandingan berjalan lebih ketat sesudah gol tersebut, namun Liverpool masih lebih banyak mengendalikan bola.

Pada menit ke-75 mimpi buruk Spurs menjadi nyata, Serge Aurier dengan gegabah menjatuhkan Sadio Mane di dalam kotak penalti yang segera direspons wasit Anthony Taylor dengan menunjuk titik putih.

Salah yang menjadi algojo dengan dingin menaklukkan Gazzaniga demi membawa Liverpool berbalik memimpin 2 - 1.

Gol itu segera direspons Klopp dengan menurunkan James Milner menggantikan Georginio Wijnaldum demi menambah tenaga segar, tetapi Liverpool dilanda kekhawatiran ketika Salah terduduk di tengah lapangan pada menit ke-85 dan akhirnya ditarik keluar digantikan Joe Goemz.

Berselang 3 menit kemudian, Spurs seperti baru tersadar dari tidur panjang dan Danny Rose merangsek ke tengah kotak penalti, tetapi penyelesaian tak membidiki bidang sasaran.

Spurs terus berusaha menggempur pertahanan tuan rumah dan memperoleh peluang lagi pada menit kedua injury time saat Heung-min mmemiliki ruang tembak di sudut kanan kotak penalti, namun tendangannya mengarah tepat ke pelukan Alisson.

Sementara itu, Manchester United membungkus 3 poin dari markas Norwich City berkat kemenangan 3-1 atas tuan rumah.

Hasil itu jadi kemenangan pertama MU dalam lima pertandingan terakhir sekaligus kelanjutan dari keberhasilan menahan imbang pemuncak klasemen Liverpool di Old Trafford sepekan lalu.

Meski dua tendangan penalti MU terbuang percuma, Scott McTominay, Marcus Rashford dan Anthony Martial masing-masing mencetak satu gol dalam kemenangan tersebut dan Norwich cuma bisa membalas lewat Onel Hernandez.

Kemenangan itu membuat tim besutan Ole Gunnar Solskjaer melompat dari peringkat ke-14 ke urutan ketujuh klasemen dengan raihan 13 poin, sedangkan Norwich (7) tertahan di posisi ke-19.

MU membuka keunggulannya pada menit ke-21 saat McTominay dengan sigap menyambar bola liar hasil tendangan Andreas Pereira yang membentur barisan pertahanan Norwich.

Hanya 3 menit berselang, Daniel James dijatuhkan oleh Ben Godfrey di dalam kotak dan wasit Stuart Attwell awalnya menganggap hal itu bukan pelanggaran sebelum meninjau video asisten wasit (VAR).

Tak kurang dari 4 menit lamanya pertandingan terhenti demi meninjau situasi tersebut hingga wasit akhirnya mengubah keputusannya menjadi kartu kuning untuk Godfrey serta hadiah tendangan penalti bagi MU.

Rashford menjadi algojo dan melepaskan bola ke sisi kanan namun kiper Tim Krul mengantisipasi dengan tepat sehingga gagal menjadi gol pada menit ke-29.

Beruntung kegagalan itu dibayar lunas oleh Rashford yang mencetak gol kedua MU semenit kemudian dengan menyambut umpan silang dari sisi kanan.

MU mendapatkan tendangan penalti lagi pada menit ke-42 setelah pelanggaran Todd Cantwell dan kali ini Martial menghadapi bola dari titik putih, namun lagi-lagi arah eksekusi penalti berhasil ditebak dan dihentikan oleh Krul.

Babak kedua Norwich lebih banyak menguasai bola, namun mereka gagal menciptakan peluang berarti dan malah kejebolan lagi pada menit ke-73 saat Martial mengakhiri umpan satu dua sentuhan bersama Rashford dengan tendangan ungkit dari sudut sempit yang memperdaya Krul. MU tiga, Norwich nol.

Hanya 2 menit jelang bubaran, Norwich baru bisa mencetak gol lewat aksi individual Hernandez yang mencuri bola dari Tominay sebelum merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi kiper David de Gea. Skor akhir 3-1 untuk MU.

Hasil pekan ke-10: Southampton 0 vs Leicester 9; Manchester City 3 vs Aston Villa 0; Brighton 3 vs Everton 2; Watford 0 vs Bournemouth 0; West Ham 1 vs Sheffield United 1; Burnley 2 vs Chelsea 4; Newcastle 1 vs Wolverhampton 1; Arsenal 2 vs Crystal Palace 2; Liverpool 2 vs Spurs 1; Norwich 1 vs Manchester United 3.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liga Inggris, Liverpool, manchester united

Sumber : Reuters & Antara/PremierLeague.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top