Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Dunia Basket, Australia Hentikan Repubik Cheska di 8 Besar

Australia melaju mulus melewati hadangan Republik Cheska untuk menuju semifinal Piala Dunia Basket 2019 seusai menang 82-70 dalam laga 8 besar di Shanghai, China.
Pebasket Australia Andrew Bogut (kanan) berusaha menjaga penguasaan bola di bawah kawalan pemain Republik Cheska Blake Schilb dalam 8 besar Piala Dunia 2019./Antara^AFP
Pebasket Australia Andrew Bogut (kanan) berusaha menjaga penguasaan bola di bawah kawalan pemain Republik Cheska Blake Schilb dalam 8 besar Piala Dunia 2019./Antara^AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Australia melaju mulus melewati hadangan Republik Cheska untuk menuju semifinal Piala Dunia Basket 2019 seusai menang 82-70 dalam laga 8 besar di Shanghai, China, Rabu (11/9/2019) malam WIB.

Hasil itu sekaligus menjadi torehan rekor pencapaian terbaik Australia di ajang Piala Dunia, setelah dalam 11 kali penampilan sebelumnya mereka hanya bisa menempatkan diri di urutan kelima pada edisi 1982 dan 1994.

Sebaliknya, meski kalah di perempat final, ini merupakan capaian positif bagi Cheska yang menjalani debut di Piala Dunia. Mereka sebelumnya pernah tampil empat kali di bawah panji Cheskaslowakia hingga 1992 dengan capaian terbaik peringkat keenam edisi 1970.

Australia bakal menghadapi lawan kuat yang sama-sama belum terkalahkan, Spanyol, dalam semifinal di Beijing, Jumat (13/9/2019), sedangkan Cheska bertemu Polandia dalam fase pemeringkatan 5-8 sehari sebelumnya di Shanghai, demikian catatan laman resmi Fédération Internationale de Basketball (FIBA).

Tembakan 3 poin jadi andalan Australia dalam kemenangan atas Cheska, yang meski secara akurasi sedikit kalah, agresivitas di sektor itu jadi pembeda. Australia melepaskan 30 percobaan 3 poin dan 11 di antaranya menjadi angka, sedangkan Cheska hanya 17 kali mencoba dan mengonversi tujuh di antaranya.

Cheska sempat beberapa kali memegang keunggulan pada kuarter pertama dan kedua, tapi menutup paruh pertama pertandingan dalam keadaan tertinggal 30-33 dari Australia.

Pada awal kuarter ketiga, Cheska juga sempat memimpin 34-33, tetapi itu jadi kali terakhir keunggulan mereka miliki. Australia tampil hampir sempurna sejak itu melesakkan 30 poin tambahan yang separuhnya dihasilkan lima tembakan 3 poin.

Australia bahkan sempat memimpin hingga 17 poin jauhnya kala Chris Goulding melesakkan tripoin pada sisa waktu 10 detik mengubah kedudukan 63-46, tetapi kuarter ketiga berakhir dalam kedudukan 48-63 menyusul dunk Tomas Satoransky.

Sejak itu Australia melesat tanpa mampu dikejar Cheska. Sebuah step back jump shot Patty Mills pada sisa waktu 19 detik memastikan Australia menutup laga dengan kemenangan meyakinkan 82-70 atas Cheska.

Patty Mills kembali jadi bintang kemenangan Australia lewat 26 poin dan 6 assist, diikuti 14 poin milik Chris Goulding dan 10 poin yang dicetak Andrew Bogut.

Bagi Cheska, Satoransky kembali jadi tulang punggung lewat catatan 2 angka sebanyak 13 poin serta 13 assist dan 9 rebound.

Patrik Auda juga turut menyumbang 21 poin dan Pavel Pumprla 10 poin, tapi tak cukup menghasilkan kemenangan bersejarah bagi Cheska.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper